Konsep berpikir menurut Thantawi Jauhari: Analisis kata Fakkara dan Dabbara dalam karyanya Al-Jawahir fi Tafsir Alquran Al-Karim

Nurjanah, Wafiqoh Siti (2018) Konsep berpikir menurut Thantawi Jauhari: Analisis kata Fakkara dan Dabbara dalam karyanya Al-Jawahir fi Tafsir Alquran Al-Karim. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1-cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2-abstrak.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3-daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4-BAB I.pdf

Download (480kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas tentang konsep berpikir menurut Thantawi Jauhari dengan menganalisis kata fakkara dan dabbara dalam karyanya Al-Jawahir fi Tafsir Alquran Al-Karim. Alquran secara jelas mengandung perintah untuk berpikir yang dijelaskan di beberapa ayat. Thantawi Jauhari menafsirkan ayat-ayat berpikir dengan menggunakan pendekatan sains, merincikan ayat-ayat kauniyah dengan menggunakan data-data ilmiah yang berbeda dari Tafsir-tafsir pada masa sebelumnya. Sehingga penulis tertarik untuk mengkaji kitab Al-Jawahir fi Tafsir Alquran Al-Karim dari aspek penafsiranya terhadap ayat-ayat berpikir khususnya pada kata fakkara dan dabbara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metodologi penafsiran Thantawi Jauhari, mengetahui penafsiranya terhadap kosakata fakkara dan dabbara, serta mengetahui perbandingan makna kata fakkara dan dabbara dalam Tafsirnya Al-Jawahir fi Tafsir Alquran Al-Karim yang dari keseluruhanya akan terbentuk konsep berpikir menurut Thantawi Jauhari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang mengarah kepada penjelasan deskriptif analisis yakni dengan mengklasifikasikan makna dan perbandingan kata fakkara dan dabbara untuk selanjutnya diuraikan dan dianalisis implikasinya terhadap konsep berpikir. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui riset kepustakaan. Untuk mengetahui konsep berpikir menurut Thantawi Jauhari dalam penafsiranya, terkhusus dalam makna kata fakkara dan dabbara, skripsi ini memberikan kerangka teori dengan bermula pada konsep umum tentang berpikir menurut para ahli, mulai dari definisi, objek berpikir, hingga macam-macam berpikir. Kemudian menjelaskan konsep berpikir dalam Alquran dengan menggunakan kitab mu’jam mufahrosy li al-fadzil Quran karangan Muhammad Fu’ad Abdul Baqi, barulah kemudian menjelaskan mengenai konsep berpikir konsep berpikir menurut Thantawi Jauhari secara utuh. Penjelasan terfokus pada penafsiran Thantawi Jauhari terhadap makna dan perbandingan kata fakkara dan dabbara yang melahirkan sebuah konsep berpikir. Hasil penelitian ini, diketahui bahwa konsep berpikir menurut Thantawi Jauhari adalah bahwa kesempurnaan berpikir terhadap kandungan Alquran menuntun manusia berpikir tentang kejadian nyata di alam raya baik di langit maupun di bumi, supaya manusia meyakini akan keberadaan Allah yang begitu nyata dan menjadikan manusia semakin dekat dengan Sang Penciptanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Berpikir; Penafsiran Tanthawi Jauhari; Kata Fakkara dan Dabbara
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Wafiqoh Siti Nurjanah
Date Deposited: 26 Feb 2019 06:55
Last Modified: 26 Feb 2019 06:55
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14302

Actions (login required)

View Item View Item