Bimbingan Islami dalam perspektif tarekat idrisiyyah dan dampaknya terhadap kesehatan jiwa: studi kasus di Pesantren Tarekat Idrisiyyah Jl Raya Ciawi KM 8 No. 79 Jatihurip Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya

Yuniar, Deri (2018) Bimbingan Islami dalam perspektif tarekat idrisiyyah dan dampaknya terhadap kesehatan jiwa: studi kasus di Pesantren Tarekat Idrisiyyah Jl Raya Ciawi KM 8 No. 79 Jatihurip Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy

Abstract

Islam adalah agama yang didalamnya mencakup semua urusan, mulai dari solusi, ajaran ataupun nasihat-nasihat. Nabi Muhammad Saw mendapatkan perintah dari Allah Swt untuk menyampaikan ajaran agama Islam kepada semua umat manusia. Tak hanya menyampaikan dengan lisan, Nabi pun menyampaikan ajaran agama Islam dengan perbuatan dan perilakunya yang mulia. Nabi Muhammad Saw hadir sebagai “The Master of Islamic Counselor”, sebagai sumber solusi dari segala problematika kehidupan. Nabi membimbing umatnya mengenal Islam dengan cara persuasif dan praktis. Bimbingan Islami saat ini sebagai perjuangan meneruskan dakwah Nabi Muhammad Saw, Tarekat Idrisiyyah merupakan salah satu pergerakan dalam dunia Tasawuf yang memberikan pembinaan pada umat dengan menitikberatkan pada pondasi agama Islam yaitu Iman, Islam dan Ihsan. Dalam perkembangannya, Tarekat Idrisiyyah mempunyai metode tersendiri dalam mengkombinasikan ketiga pondasi agama Islam tersebut melalui Bimbingan Islami. Tujuan dari bimbingan Islami yaitu terwujudnya Islam yang kaffah, dan terwujud kesehatan jiwa bagi pemeluknya. Dengan jiwa sehat, maka akan mudah menuju Islam yang kaffah. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui apa yang dimaksud bimbingan Islami dalam perspektif Tarekat Idrisiyyah, dan apa metode bimbingan Islami di Tarekat Idrisiyyah, serta adakah dampaknya untuk kesehatan jiwa. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian lapangan dan termasuk kedalam model penelitian kualitatif dengan metode studi deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi, lalu setelahnya dilakukan analisis terhadap data yang didapat. Dari hasil penelitian ini, sedikitnya dapat disimpulkan bahwa bimbingan Islami menurut Tarekat Idrisiyyah yaitu bimbingan yang dilakukan dengan memfokuskan keteladanan terhadap figur yaitu Mursyid sebagai utswah hasanah, sedangkan yang menjadi metode dalam bimbingan Islami Tarekat Idirisiyyah yaitu dengan memberikan pemahaman Islam SIMPATIK yaitu Simple, Praktis dan Komprehensif. Dengan pemahaman Islam SIMPATIK, dan juga realisasi yang aplikatif dengan berbagai kegiatan-kegiatan serta management yang baik, terbukti berdampak positif terhadap kesehatan jiwa, baik itu secara sosiologis maupun psikologis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islami; Kesehatan Jiwa
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Deri Yuniar
Date Deposited: 16 Oct 2018 09:13
Last Modified: 16 Oct 2018 09:13
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14355

Actions (login required)

View Item View Item