Tanggapan Siswa terhadap Penggunaan Media Film Perjalanan Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah Hubungannya dengan Pemahaman Mereka pada Mata Pelajaran SKI (Penelitian pada Siswa Kelas XII MAN Talaga Kab. Majalengka)

Nian Kurnia Fajarulloh, Nian (120 920 2132) (2013) Tanggapan Siswa terhadap Penggunaan Media Film Perjalanan Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah Hubungannya dengan Pemahaman Mereka pada Mata Pelajaran SKI (Penelitian pada Siswa Kelas XII MAN Talaga Kab. Majalengka). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan, diperoleh informasi bahwa kegiatan penggunaan media film perjalanan hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah, secara umum ditanggapi positif oleh siswa, seperti siswa merasa senang, tidak jenuh. Di sisi lain, masih banyak ditemukan siswa yang pemahamannya tentang mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai-nilai yang tidak memuaskan. Di mana adanya kesenjangan yang sekaligus memunculkan permasalahan yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan media film perjalanan hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah, realitas pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI, serta realitas hubungan antara keduanya. Penelitian ini bertolak dari pemikiran, penggunaan media film perjalanan hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah adalah usaha yang dilakukan guru untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI sebab secara psikologis ada dua alat indra yang lebih kuat pengaruhnya kepada anak yaitu indra pendengaran dan penglihatan. Sejalan dengan hal itu, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah semakin positif/ baik tanggapan siswa terhadap media film hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah maka akan baik pula pemahaman mereka pada mata pelajaran SKI. Begitu pula sebaliknya, semakin negatif tanggapan siswa terhadap penggunaan media film hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah dalam pembelajaran SKI maka semakin rendah pula pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI. Metode yang digunakan dalam peneitian ini adalah metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data adalah angket, tes tulis, observasi, wawancara, serta studi kepustakaan. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis logika untuk data kualitatif, dan analisis statistik untuk data kuantitatif. Dari analisis yang diperoleh diketahui bahwa realitas tanggapan siswa terhadap penggunaan media film perjalanan hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah termasuk kualifikasi tinggi yang diperoleh 57,87, jika dibagi dengan jumlah item 15 pertanyaan yang diajukan mencapai angka sebesar 3,85 yang berada pada interval 3,40–4,19. Realitas pemahaman mereka pada mata pelajaran SKI termasuk kualifikasi rendah yang diperoleh angka sebesar 55,40 yang berada pada interval 50–59. Adapun hubungan antara kedua variabel termasuk sangat rendah yang ditunjukkan dengan angka korelasi sebesar 0,07 yang berada pada interval 0,00–0,19. Dalam perhitungan taraf signifikasi 5% diketahui bahwa thitung (0,43) lebih kecil dari ttabel (2,56) maka hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan bahwa tidak terdapat korelasi/ hubungan yang signifikan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan media film perjalanan hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah dengan pemahaman mereka pada mata pelajaran SKI diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Siswa, Media, Film, Hijrah, Nabi Muhammad SAW, Madinah, Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Islam > Medina
Islam > Muhammad the Prophet
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nailah Hanany
Date Deposited: 11 May 2016 02:38
Last Modified: 16 May 2016 09:27
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1443

Actions (login required)

View Item View Item