Kepedulian Siswa pada Mata Pelajaran PAI Hubungannya dengan Ukhuwah Islamiyah Mereka (Penelitian di kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 UjungBerung-Bandung)

Riska Farida, Riska (1209202160) (2013) Kepedulian Siswa pada Mata Pelajaran PAI Hubungannya dengan Ukhuwah Islamiyah Mereka (Penelitian di kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 UjungBerung-Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena ukhuwah islamiyah siswa, yang diduga berhubungan dengan kepedulian siswa pada mata pelajaran PAI. Rendahnya ukhuwah islamiyah siswa terlihat dari sikap siswa apabila bertemu dengan sesama temannya tidak mengucapkan salam, bersikap acuh tak acuh kepada temannya. Sedangkan tingkat kepedulian siswa pada mata pelajaran PAI sudah sangat baik. Dari fenomena di atas terdapat permasalahan yang harus diteliti, yakni bagaimana hubungan antara kepedulian siswa pada mata pelajarana PAI dengan ukhuwah islamiyah mereka. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepedulian siswa pada mata pelajaran PAI, ukhuwah islamiyah siswa dan hubungan antara kepedulian siswa dengan ukhuwah islamiyah mereka. Penelitian ini menggunakan kajian teoretis yang menunjukan bahwa orang yang mempunyai kepedulian sangat berkaitan erat dengan ukhuwah islamiyah karena apabila siswa sudah mempunyai rasa kepedulian pada mata pelajaran PAI siswa akan mudah mengaplikasikan ukhuwah islamiyah, dari asumsi tersebut dapat ditarik hipotesis bahwa semakin tinggi kepedulian siswa pada mata pelajaran PAI, maka semakin tinggi pula ukhuwah islamiyah mereka, sebaliknya semakin rendah kepedulian siswa pada mata pelajaran PAI, maka semakin rendah ukhuwah islamiyah mereka. Untuk membuktikan hipotesis tersebut diadakan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis korelasi, teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah pendekatan deskripsi data. Kepedulian siswa pada mata peajaran PAI (variabel X) berdistribusi normal dan ukhuwah islamiyah siswa (variabel Y) berdistribusi tidak normal. Korelasi antara variabel X dan Y adalah korelasi rendah. Hasil penelitian ini, diperoleh simpulan bahwa kepedulian siswa pada mata pelajaran PAI (variable X) adalah kualifikasi tinggi, dengan perolehan rata-rata sebesar 3,73. sedangkan ukhuwah islamiyah siswa (variabel Y) adalah kualifikasi tinggi, dengan perolehan rata-rata sebesar 3,68. Hubungan antara variabel X dan variabel Y adalah positif dan signifikan, dengan koefisien korelasi sebesar (thitung) = 12,83 > (ttabel) = 1,679, maka Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis Awal (Ho) ditolak. Variasi skor yang terjadi pada variabel Y diantaranya dapat dijelaskan oleh kontribusi varian variabel X sebesar 10,24%. Hal ini berarti masih terdapat faktor lain yang turut berkontribusi terhadap varian variabel Y sebesar 89,79%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepedulian, Siswa, Mata Pelajaran PAI, Ukhuwah Islamiyah
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nailah Hanany
Date Deposited: 11 May 2016 02:51
Last Modified: 16 May 2016 09:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1446

Actions (login required)

View Item View Item