Komunikasi wartawan beda etnik dalam reportase berita di Jakarta: studi fenomenologi pengalaman komunikasi wartawan Betawi, Batak dan Jawa di Jakarta

Andini, Nurputri (2018) Komunikasi wartawan beda etnik dalam reportase berita di Jakarta: studi fenomenologi pengalaman komunikasi wartawan Betawi, Batak dan Jawa di Jakarta. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (413kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy

Abstract

Di suatu kota pastinya memiliki wartawan beda etnik dari berbagai macam suku dan budaya yang berbeda-beda. Khususnya di kota Jakarta sebagai wartawan beda etnik yang bekerja di Jakarta tak dipungkiri mereka harus dituntut bersikap professional terutama dalam menjalankan tugas reportase berita. Perbedaan etnik ini mengharuskan wartawan harus bisa beradaptasi dari segi lingkungan tempat tinggal dan cara berkomunikasinya. Oleh karena itu peneliti akan membahas mengenai wartawan beda etnik. Komunikasi Wartawan Beda Etnik dalam Reportase Berita di Jakarta menjadi objek penelitian ini. tujuan penelitian ini untuk mengetahui motif wartawan beda etnik dalam reportase berita di Jakarta dan untuk mengetahui pengalaman wartawan beda etnik dalam reportase berita di Jakarta. Dalam penelitian ini menggunaka teori fenomenologi dari Alfred Schutz. Tujuan mengunakan teori ini untuk mengetahui dari sudut pandang orang yang mengalaminya secara langsung. Untuk itu dalam teori fenomenologi wartawan beda etnik selalu terkait dengan situasi dan kondisi baru dengan narasumber dilingkungannya, bagaimana motif wartawan beda etnik, serta pengalaman wartawan beda etnik dalam reportase berita bergantung dalam pemahaman wartawan itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi karena dirasa sejalan dalam memahami fenomena tentang apa yang dialami subjek penelitian. Proses pengumpulan data ini dilakukan dengan teknik wawancara mendalam. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pertama dari hasil penelitian terkait motif wartawan beda etnik dalam reportase berita di Jakarta menghasilkan dua hal yaitu motif untuk ( in order to motive) menjadi wartawan di Jakarta dan motif sebab (because motive) menjadi wartawan di Jakarta. Kedua pengalaman menjadi wartawan dalam reportase berita menghasilkan 3 hal yaitu pengalaman menjadi wartawan dalam reportase berita di Jakarta, pengalaman komunikasi wartawan beda etnik antara wartawan etnik Betawi, Batak dan Jawa, pengalaman komunikasi wartawan beda etnik antara wartawan etnik Betawi, Batak dan Jawa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Wartawan Beda Etnik; Motif Wartawan Beda Etnik; Pengalaman Wartawan Beda Etnik;
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Andini Nurputri
Date Deposited: 25 Oct 2018 05:20
Last Modified: 25 Oct 2018 05:20
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14506

Actions (login required)

View Item View Item