Program Citizen Journalism dalam meningkatkan popularitas PRFM:Studi deskriptif tetang strategi redaksional Radio Pikiran Rakyat 107,5 FM dalam program Citizen Journalism untuk meningkatkan popularitas PRFM

Nurjannah, Tamara Hani (2018) Program Citizen Journalism dalam meningkatkan popularitas PRFM:Studi deskriptif tetang strategi redaksional Radio Pikiran Rakyat 107,5 FM dalam program Citizen Journalism untuk meningkatkan popularitas PRFM. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy

Abstract

Citizen Journalism adalah fenomena yang mengangkat masyarakat sebagai sumber berita. Dapat dikatakan pula bahwa fenomena tersebut merupakan kegiatan reportase yang dilakukan oleh masyarakat secara individu. Kegiatan reportase yang biasa dilakukan oleh wartawan, kini dapat dilakukan pula oleh masyarakat secara umum. PRFM sebagai salah satu radio berita terbesar di Jawa Barat, mengangkat fenomena tersebut sebagai sumber beritanya, dan peneliti tertarik untuk menjadikannya sebagai korelasi antara program tersebut dengan pesona PRFM sebagai radio berita terbesar di Jawa Barat. Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui strategi waktu penyiaran program, strategi pembentukan topik program, dan strategi penyajian isi berita program. Penelitian ini menggunakan konsep strategi komunikasi dengan tiga unsur di dalamnya yaitu; kelompok input, strategi, dan kelompok output. Menggunakan pendekatan kualitatif, paradigma konstruktif interpretatif , dan metode deskriptif, yakni meneliti status kelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu sistem atau pemikiran apapun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Peneliti melakukan wawancara dengan tiga informan yang terdiri dari 1 Pemimpin Redaksi PRFM, dan 2 redaktur PRFM. Hasil penelitian ini menemukan bahwa strategi yang digunakan PRFM untuk meningkatkan popularitasnya ialah dengan cara memakai strategi yang mampu menarik masyarakat untuk menjadi netizen PRFM dalam program Citizen Journalism. Keikutsertaan masyarakat dalam mengolah berita diyakini PRFM mampu menanamkan di benak masyarakat bahwa PRFM adalah radio yang dapat membantu masyarakat sebagai media informasi. Setelah sukses merangkul masyarakat untuk bergabung sebagai bagian dari suksesnya program Citizen Journalism, maka pengetahuan masyarakat terhadap PRFM sebagai media auditif di Bandung akan terbentuk. Dengan ketiga strategi tersebut, PRFM mampu mendongkrak popularitasnya terus menerus seiring dengan bertambahnya laporan dari masyarakat yang menjadi netizen PRFM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: citizen jurnalism,
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia > Journalism and Newspapers in Canada
Journalism and Newspapers in Indonesia > Journalism and Newspapers in United States
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Tamara Hani Nurjannah
Date Deposited: 01 Oct 2018 08:19
Last Modified: 08 Oct 2018 03:27
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14602

Actions (login required)

View Item View Item