Pengaruh model pembelajaran Concept Attainment Model (CAM) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi ekosistem

Isnaeni, Istianah Nur (2018) Pengaruh model pembelajaran Concept Attainment Model (CAM) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi ekosistem. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran biologi di dalam kurikulum 2017 yang direvisi diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, inisiatif, dan adaptif terhadap perubahan dan perkembangan. Kemampuan berpikir tingkat tinggi mencakup berpikir kritis dan berpikir kreatif. Model CAM menekankan siswa pada proses berpikir sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran, menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, menganalisis pengaruh model CAM terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, dan menganalisis respon siswa terhadap model CAM. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 27 Bandung. Sampel dua kelas yaitu kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis yaitu pretest dan posttest, lembar observasi, dan angket. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model CAM memiliki nilai rata-rata aktivitas guru sebesar 95% dan aktivitas siswa sebesar 87%, keduanya memiliki interpretasi sangat baik. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan model CAM memiliki nilai rata-rata 70,03 dengan kategori cukup dan nilai rata-rata N-Gain 0,44 dengan kategori sedang. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa tanpa model CAM memiliki nilai rata-rata 59,75 dengan kategori rendah dan nilai rata-rata N-Gain 0,30 dengan kategori sedang. Hasil tes akhir menunjukkan t hitung = 4,18 ≥ t tabel = 2,00, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model CAM pada materi ekosistem memiliki nilai rata-rata sebesar 3,54 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model CAM terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CAM; Kemampuan Berfikir Positif; Materi Ekosistem
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: ISTIANAH NUR ISNAENI
Date Deposited: 04 Oct 2018 04:20
Last Modified: 04 Oct 2018 04:20
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14604

Actions (login required)

View Item View Item