Aktivitas tabligh Yayasan Majelis Ta'lim Tuli Indonesia: penelitian di MTTI Jl. Raya Duren Tiga Blok. C No. 18 Jakarta Selatan

Khuzaimah, Anita (2018) Aktivitas tabligh Yayasan Majelis Ta'lim Tuli Indonesia: penelitian di MTTI Jl. Raya Duren Tiga Blok. C No. 18 Jakarta Selatan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy

Abstract

Aktivitas Tabligh harus dilakukan ke seluruh lapisan umat. Termasuk kaum tunarungu yang memiliki keterbatasan fisik. Karena semua umat muslim berhak menerima ajaran agama Islam. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban kita sebagai umat muslim untuk memberikan wadah untuk kaum tunarungu belajar agama Islam. Hal ini serupa dengan MTTI, yaitu dengan memberikan pengajaran terhadap kaum tunarungu tentang agama Islam dengan metode-metode yang sesuai dengan kemampuan tunarungu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola tabligh yang diterapkan oleh Majelis Ta’lim Tuli Indonesia melalui unsur-unsur yang terkandung dalam kegiatan-kegiatan yang ada di MTTI. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Komunikasi Nonverbal yaitu proses komunikasi yang berlangsung tanpa menggunakan suara. Jadi dalam berkomunikasi menggunakan perasaan dan emosi. Dalam hal ini MTTI menerapkan bahasa isyarat dalam komunikasi antar sesama. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan memaparkan hasil dari penelitian yang didapat selama proses penelitian. adapun penggunaan pendekatan kualitatif dalam penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh gambaran tentang fenomena sosial , faktual mengenai fakta-fakta terhadap pola tabligh yang digunakan di MTTI yaitu dengan menggunakan data-data seperti hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap kegiatan di MTTI. data-data yang peneliti gunakan adalah hasil dari wawancara dengan pihak terkait , seperti pengurus, pengajar, dan anggota MTTI. Hasil penelitian bahwa pola tabligh dalam MTTI dapat dilihat dari kegiatan, pola materi, pola metode, pola media, serta pola komunikasi yang terjadi dalam aktivitas tabligh di MTTI. komunikasi yang tepat lah yang dapat mendukung berjalannya kegiatan di MTTI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tabligh; Tuli; Komunikasi;
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Nonverbal Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Anita Khuzaimah
Date Deposited: 26 Oct 2018 04:29
Last Modified: 26 Oct 2018 04:29
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14636

Actions (login required)

View Item View Item