Pengaruh pendapatan Sewa Ijarah dan pendapatan Bagi Hasil Musyarakah terhadap Laba Tahun Berjalan pada PT Bank Mega Syariah periode 2014-2016

Nurzain, Rendi (2018) Pengaruh pendapatan Sewa Ijarah dan pendapatan Bagi Hasil Musyarakah terhadap Laba Tahun Berjalan pada PT Bank Mega Syariah periode 2014-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy

Abstract

Bank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan yang berfungsi untuk menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Pengertian al-ijarah adalah akad pemindahan hak guna atas barang atau jasa melalui pembayaran utang sewa, tanpa diikuti dengan pemindahan kepemilikan atas barang itu sendiri. Sedangkan pembiayaan musyarakah adalah kerja sama dimana dua atau lebih pengusaha bekerja sama sebagai mitra usaha dalam bisnis. Masing-masing pihak menyertakan modalnya dan ikut mengelola usaha tersebut. Keuntungan dan kerugian akan dibagi berdasarkan persentase penyertaan modalnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendapatan sewa ijarah terhadap laba tahun berjalan di PT. Bank Mega Syariah, pendapatan bagi hasil musyarakah terhadap laba tahun berjalan di PT. Bank Mega Syariah serta pengaruh pendapatan sewa ijarah dan pendapatan bagi hasil musyarakah terhadap laba tahun berjalan di PT. Bank Mega Syariah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan berupa angka yang diperoleh dari Laporan Keuangan PT. Bank Mega Syariah yang telah dipublikasikan. Teknik yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan berganda, analisis korelasi parsial dan simultan, analisis koefisien determinasi, uji t serta uji f. Hasil penelitian ini memperoleh t_hitung sebesar -0,217 t_(tabel )= 2,228. Maka dapat disimpulkan bahwa Hₒ diterima dan Hₐ ditolak, karena t_hitung < t_(tabel ). Yang artinya Pendapatan Sewa Ijarah tidak berpengaruh signifikan terhadap Laba Tahun Berjalan pada Bank Mega Syariah Periode 2014-2016.. Kemudian hasil penelitian dari pendapatan bagi hasil musyarakah memperoleh t_hitung sebesar 2,911 t_(tabel )= 2,228. Maka dapat disimpulkan bahwa Hₒ ditolak dan Hₐ diterima, karena t_hitung > t_(tabel ). Yang artinya Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah berpengaruh signifikan terhadap Laba Tahun Berjalan pada Bank Mega Syariah Periode 2014-2016. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa F_hitung adalah 4,102 F_tabel sebesar 4,26. Karena F_hitung > F_tabel maka Hₒ ditolak dan Hₐ diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa Pendapatan Sewa Ijarah dan Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Laba Tahun Berjalan pada PT. Bank Mega Syariah periode 2014-2016.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Sewa Ijarah;Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah;Laba Tahun Berjalan
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Rendi Nurzain
Date Deposited: 04 Oct 2018 04:45
Last Modified: 04 Oct 2018 04:45
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14649

Actions (login required)

View Item View Item