Pengaruh dogma agama tentang perempuan terhadap kesadaran pemikiran mahasiswi: studi kasus di jurusan sosiologi angkatan 2015 fakultas ilmu sosial dan ilmu politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Tamia, Vivi (2018) Pengaruh dogma agama tentang perempuan terhadap kesadaran pemikiran mahasiswi: studi kasus di jurusan sosiologi angkatan 2015 fakultas ilmu sosial dan ilmu politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu prinsip ajaran Islam adalah persamaan antar manusia, baik antar laki-laki atau perempuan. Namun dewasa kini agama islam banyak mendapatkan kritikan terhadap dogma-dogma yang ada didalam al-Qur’an, hadits maupun pendapat para ulama. Hal itulah yang mengantarkan Mahasiswi UIN Sunan Gunung Djati pada dua pilihan: menerjemahkannya secara tekstual atau kontekstual. Kedua hal tersebut memiliki peranan dalam pengambilan keputusan Mahasiswi untuk melakukan tindakan sosial di lingkungan Universitas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Tindakan Sosial dari Max Weber yang memiliki empat tipologi tindakan, namun dalam penelitian ini, tindakan sosial Mahasiswi hanya dapat dianalisis menggunakan dua tipologi yakni: Rasional Instrumental (Suatu tindakan yang paling rasional, memiliki tujuan serta memiliki makna) dan Rasional Nilai (Suatu tindakan yang berorientasi pada nilai). Dalam penelitian kali ini, penulis menggunakan metode penelitian gabungan (Memadukan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif), pada rumusan masalah yang pertama dan kedua penulis mendeskripsikannya dengan metode kualitatif sedangkan pada rumusan masalah yang ketiga penulis mencoba menganalisis dengan lebih menekankan pada aspek pengukuran secara objektif agar dapat menjelaskan suatu masalah tetapi menghasilkan generalisasi. Berdasarkan variabel-variabel yang akan diteliti, maka jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan verifikatif. Hasil penelitian untuk menjawab rumusan masalah pertama dan kedua menunjukan bahwa Dogma Agama Tentang Perempuan berpengaruh dalam membentuk pola berpikir Mahasiswi. Sementara hasil penelitian untuk menjawab rumusan masalah ketiga menunjukan bahwa koefisien regresi variabel Dogma Agama Tentang Perempuan (X) sebesar 0,206 artinya bahwa Dogma Agama Tentang Perempuan sebesar satuan skala interval akan meningkatkan pada Kesadaran Pemikiran Mahasiswi (Y). Artinya terdapat hubungan yang positif antara Dogma Agama Tentang Perempuan (X) terhadap Kesadaran Pemikiran Mahasiswi (Y). Itu berarti Dogma Agama memiliki pengaruh terhadap Kesadaran Pemikiran Mahasiswi (Y) namun pengaruhnya lemah, hal itu terlihat dari nilai koefisien R2 (R Square) sebesar 0,68 atau 6,8% menunjukan bahwa presentase pengaruh variabel independen (Dogma Agama Tentang Perempuan) terhadap variabel dependen (Kesadaran Pemikiran Mahasiswi) yaitu sebesar 6,8% sedangkan sisanya sebesar 93,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dogma Agama; Perempuan; Kesadaran Pemikirannya
Subjects: Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Women
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Vivi Tamia Suhendi
Date Deposited: 09 Oct 2018 04:26
Last Modified: 09 Oct 2018 04:26
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14699

Actions (login required)

View Item View Item