Tindakan ojek konvensional dalam mempertahankan konsumen dikalangan masyarakat: penelitian tentang tindakan nilai paguyuban angkutan roda dua Bandung (PAB) di Kelurahan Pasir Impun Kecamatan Mandalajati Kota Bandung

Rumyati, Sherly Sri (2018) Tindakan ojek konvensional dalam mempertahankan konsumen dikalangan masyarakat: penelitian tentang tindakan nilai paguyuban angkutan roda dua Bandung (PAB) di Kelurahan Pasir Impun Kecamatan Mandalajati Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan ojek online tidak diterima oleh Paguyuban Angkutan roda dua Bandung dengan alasan mereka merasa tersaingi dan konsumen beralih ke ojek online. Dilihat dari nilai ekonomi Paguyuban Angkutan roda dua Bandung pendapatannya menjadi berkurang. Dari nilai solidaritas Paguyuban Angkutan roda dua Bandung mengalami perpecahan dikarenakan ada anggotanya yang bergabung dengan ojek online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Bagaimana nilai ekonomi ojek konvensional Paguyuban Angkutan roda dua Bandung dalam mempertahankan konsumen di Kelurahan Pasir Impun Kecamatan Mandalajati Kota Bandung. 2). Bagaimana nilai solidaritas ojek konvensional Paguyuban Angkutan roda dua Bandung dalam mempertahankan konsumen di Kelurahan Pasir Impun Kecamatan Mandalajati Kota Bandung. Teori yang digunakan adalah teori Max Weber yaitu rasionalitas yang berorientasi nilai. 1). Nilai ekonomi adalah tindakan sosial yang berorientasi ekonomi, yakni upaya memenuhi kebutuhan dan mencari keuntungan 2). Nilai solidaritas adalah sistem sosial yang berhubungan dengan kemasyarakatan melalui kerja sama dan keterlibatan satu dengan yang lainnya untuk mencapai tujuan. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk menggambarkan persoalan yang berlangsung di masyarakat. Sumber data primer 15 orang ojek konvensional, observasi terus terang dan tersamar, wawancara mendalam dan studi kepustakaan, tiga tahap analisis yang dipakai yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini berlokasi di Kelurahan Pasir Impun Kecamatan Mandalajati Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa tindakan Paguyuban Angkutan roda dua Bandung di Kelurahan Pasir Impun Kecamatan Mandalajati Kota Bandung dalam mempertahankan konsumennya yaitu 1). Nilai ekonominya, menjaga kemampuan kerja dalam pendidikannya ojek konvensional di Pasir Impun berpendidikan SD, SMP dan SMA. Dari masa kerja ojek konvensional Pasir Impun sudah sampai 8-28 tahun. Dalam kualitas pelayanan ojek konvensional memberikan fasilitas kepada konsumennya dengan memberikan helm, jas hujan dan harga yang di berikan oleh ojek konvensional untuk konsumennya Rp 5.000- Rp. 7.000. 2). Nilai solidaritas, perilaku kerja sama ojek konvensional berusaha menjalankan peraturan yang sudah disepakati bersama, dalam perilaku organisasional menjaga kualitas pelayanan dan memecahkan masalah dengan bermusyawarah dan dalam perilaku loyalitas ojek konvensional tetap bergabung dengan PAB dan tetap ada di pangkalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tindakan sosial; Ojek Konvensional; Mempertahankan konsumen;
Subjects: Ground Transportation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Sherly Sri Rumyati Yaya
Date Deposited: 31 Oct 2018 09:01
Last Modified: 31 Oct 2018 09:01
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14743

Actions (login required)

View Item View Item