Urbanisasi dan kesejahteraan masyarakat desa: penelitian pada masyarakat Desa Pakalongan Kecamatan Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya

Iklima, Ita (2017) Urbanisasi dan kesejahteraan masyarakat desa: penelitian pada masyarakat Desa Pakalongan Kecamatan Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (65kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Keadaan desa yang minim akan pembangunan memaksa masyarakatnya untuk melakukan urbanisasi ke kota besar untuk mendapatkan penghidupan yang lebih baik. Fenomena urbanisasi pada dasarnya merupakan peristiwa teknologik dan ekologik merubah dasar cara hidup khususnya cara-cara memperoleh penghasilan hidupnya. Urbanisasi yang terjadi di Desa Pakalongan berpengaruh terhadap kesejahteraan di Desa Pakalongan, dari adanya masyarakat Desa Pakalongan yang melakukan urbanisasi ke kota menimbulkan dampak baik dan buruk terhadap keadaan Desa Pakalongan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui penyebab masayarakat desa pakalongan melakukan urbanisasi, 2) mengetahui perubahan sosial masyarakat desa pakalongan, 3) mengetahui bagaimana kesejahteraan masyarakat Desa Pakalongansetelah adanya urbanisasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Herbert Spencer tentang evolusi sosial, yaitu Perubahan masyarakat melalui serangkaian tahap yang berawal dari tahap kelompok suku yang homogen dan sederhana ke tahap masyarakat modern yang kompleks. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, studi deskriptip, metode ini untuk meneliti pada suatu objek yang alamiah, apa adanya dalam situasi normal yang tidak dimanipulasi baik keadaan ataupun kondisinya yang ada di Desa Pakalongan. Sumber datanya menggunakan sumber data primer, yaitu masyarakat Desa Pakalongan, dan sumber data sekunder, yaitu dari buku-buku sosiologi. teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi di Desa Pakalongan, wawancara dilakukan kepada masyarakat Desa Pakalongan dan dokumentasi. Analisis data kualitatif meliputi identifikasi data, verifikasi data, klasifikasi data, serta pengambilan kesimpulan tentang penjabaran umum kesejahteraan masyarakat setelah adanya urbanisasi, dan analisis deskriptif untuk mendekati tema permasalahan mengenai kesejahteraan masyarakat setelah adanya urbanisasi. penelitian ini dilakukan di Desa Pakalongan, Kecamatan Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya. Hasil penelitian menunjukan urbanisasi yang terjadi di Desa Pakalongan disebabkan oleh faktor pendorong dari desa yaitu kurangnya lapangan kerja dan kurangnya inprastruktur.Dan disebabkan faktor penarik dari kota yaitu beragam nya jenis pekerjaan dan infrastruktur yang memadai. Perubahan yang terjadi pada masyarakat setelah adanya urbanisasi yaitu dari tahap sederhana dan homogen, ketika masyarakat masih berfikir tradisional, ke tahap modern yang kompleks, ketika masyarakat mulai berfikir dan berorientasi ke depan. Kesejahteraan masyarakat Desa Pakalongan setelah adanya urbanisasi yaitu menigkatnya kesejahteraan ekonomi. Karenya banyaknya masyarakat dengan usia produktif yang melakukan urbanisasi menyebabkan terhambatnya pembangunan desa, sehingga tidak tercapainya kesejahteraan sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Urbanisasi; Kesejahteraan; Masyarakat Desa
Subjects: Culture and Institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ita Iklima
Date Deposited: 09 Oct 2018 07:13
Last Modified: 09 Oct 2018 07:13
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14744

Actions (login required)

View Item View Item