Pengaruh model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) terhdap minat membaca siswa pada pembelajaran tematik: penelitian quasi eksperimen di MI Negeri 1 Kota Bandung

Rizkania, Annisa (2018) Pengaruh model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) terhdap minat membaca siswa pada pembelajaran tematik: penelitian quasi eksperimen di MI Negeri 1 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (446kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi studi pendahuluan di MI Negeri 1 Bandung yang memperoleh data bahwa minat membaca siswa kurang. Hal ini terlihat dari mengeluhnya siswa ketika diminta membaca teks dalam buku tematik dan siswa kurang tertarik untuk mengunjungi perpustakaan sekolah. Maka digunakan model ARCS dalam pembelajaran tematik sehingga membantu siswa agar termotivasi untuk membaca. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan model ARCS dan pengaruh model ARCS terhadap minat membaca siswa kelas III A MI Negeri I Kota Bandung pada pembelajaran tematik. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa minat membaca siswa ditentukan oleh banyak faktor salah satunya penerapan model yang tepat, termasuk model ARCS. Berdasarkan asumsi tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran ARCS terhadap minat membaca siswa pada pembelajaran tematik. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Dengan desain penelitian Non-equivalent Pretest Posttest Control Grup Design. Teknik pengambilan sampel adalah Non Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Dipilihlah kelas III A sebagai kelas dengan model ARCS dan kelas III B sebagai kelas yang tidak menggunakan model ARCS. Pengumpulan data diperoleh dari kuesioner (skala minat membaca) dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran dengan model ARCS pada pertemuan pertama sebesar 44% dengan kategori kurang dan pertemuan kedua 100% dengan kategori sangat baik untuk aktivitas guru. Untuk aktivitas siswa dengan model ARCS diperoleh persentase sebesar 62,36% pada pertemuan pertama dan 99,15% pada pertemuan kedua. Minat membaca siswa pembelajaran tematik di kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 55,08 dengan nilai maksimal 60 termasuk dalam kategori tinggi. Minat membaca siswa pembelajaran tematik di kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 61,76 dengan nilai maksimal 66 termasuk dalam kategori sangat tinggi. Pengaruh model ARCS terhadap minat membaca siswa pada pembelajaran tematik dinyatakan signifikan. Hal ini dinyatakan dengan hasil uji Mann Withney diperoleh data bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 dengan taraf signifikan 5%, sehingga Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh model ARCS berpengaruh signifikan terhadap minat membaca siswa pada pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ARCS; Madrasah Ibtidaiyah; Minat membaca; Pembelaran Tematik;
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Language Skills for Elementary Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Annisa Rizkania
Date Deposited: 26 Oct 2018 04:34
Last Modified: 26 Oct 2018 04:34
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14749

Actions (login required)

View Item View Item