Pemahaman Siswa terhadap Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Yunus 40-41 dan Al-Kahfi 29 tentang Toleransi Hubungannya dengan Akhlak Mereka (Penelitian pada Siswa Kelas XII SMK Mpu Tantular Buntu)

Rahmat Hidayat Hanafi, Rahmat (1210202140) (2014) Pemahaman Siswa terhadap Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Yunus 40-41 dan Al-Kahfi 29 tentang Toleransi Hubungannya dengan Akhlak Mereka (Penelitian pada Siswa Kelas XII SMK Mpu Tantular Buntu). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (786kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena yang ditemukan di SMK Mpu Tantular Buntu, dimana ada kesenjangan antara tingginya pemahaman siswa terhadap Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Yunus 40-41 dan Al-Kahfi 29 tentang toleransi dengan rendahnya akhlak siswa, sehingga timbul permasalahan dalam penelitian ini, bagaimana pemahaman siswa terhadap Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Yunus 40-41 dan Al-Kahfi 29 tentang toleransi dan bagaimana hubungan antara pemahaman siswa terhadap akhlak mereka dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman siswa kelas XII SMK Mpu Tantular Buntu terhadap Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Yunus 40-41 dan Al-Kahfi 29 tentang toleransi, akhlak siswa kelas XII SMK Mpu Tantular Buntu serta hubungan antara pemahaman siswa terhadap Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Yunus 40-41 dan Al-Kahfi 29 tentang toleransi dengan akhlak mereka Penelitian ini bertolak dari kajian teoritis yang menyatakan bahwa akhlak salah satunya dipengaruhi oleh pemahaman. Pemahaman yang jelas tentang sesuatu akan merangsang akhlak. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara pemahaman siswa kelas XII terhadap Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Yunus 40-41 dan Al-Kahfi 29 dengan Akhlak mereka Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Untuk memperoleh data mengenai pemahaman dan akhlak, penulis menggunakan teknik tes dan angket. Selain itu juga, digunakan teknik wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Sampel dari penelitian ini adalah 30 orang. Setelah data terkumpul, kemudian data dianalisis menggunakan korelasi melalui langkah-langkah uji normalitas data dan regresi linier. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa realitas pemahaman siswa terhadap Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Yunus 40-41 dan Al-Kahfi 29 adalah baik. hal ini berdasarkan rata-rata sebesar75,26. Karena berada pada interval70-79. Sedangkan akhlak mereka tergolong baik. Hal ini berdasarkan angka rata-rata sebesar 3,61yang menurut ukuran kualifikasinya angka tersebut kategori tinggi karena berada pada interval 3,51-4-50. Dengan taraf signifikansi 5%, hipotesis (Ha) diterima karena thitung 2,18 > ttabel 1,70. Artinya terdapat hubungan antara pemahaman siswa terhadap Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Yunus 40-41 dan Al-Kahfi 29 dengan akhlak mereka. Koofesien korelasi kedua variabel tersebut sebesar 0,38. Hal ini berarti korelasinya rendah karena berada pada interval 0,21– 0,40. Derajat pengaruhnya sebesar 14% dengan demikian masih ada faktor lain sebesar 86% yang dapat mempengaruhi akhlak mereka

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Siswa, Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Yunus 40-41, Al-Kahfi 29, toleransi, Akhlak
Subjects: Islam > Koran
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 12 May 2016 03:34
Last Modified: 16 May 2016 09:10
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1476

Actions (login required)

View Item View Item