Tanggapan Siswa terhadap Program Kantin Kejujuran dan Hubungannya dengan Akhlak Mereka Sehari-hari (Penelitian pada Siswa di SMP Negeri 8 Bandung)

Rika Lestari Nurjanah, Rika (1210202150) (2014) Tanggapan Siswa terhadap Program Kantin Kejujuran dan Hubungannya dengan Akhlak Mereka Sehari-hari (Penelitian pada Siswa di SMP Negeri 8 Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang muncul di SMP Negeri 8 Bandung. Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi melalui wawancara, bahwa ada kesenjangan pada pelaksanaan program kantin kejujuran di satu sisi mendapatkan respon yang baik, hal tersebut ditandai dengan banyaknya siswa yang berpartisipasi serta tidak ada yang protes dari mereka. Namun di sisi lain ditemukan masih terdapat siswa yang berlaku curang pada pelaksanaan program kantin kejujuran. Fenomena tersebut memunculkan permasalahan yang cukup menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui (1) realitas tanggapan siswa SMP N 8 Bandung terhadap program kantin kejujuran, (2) realitas akhlak siswa SMP N 8 Bandung sehari-hari, dan (3) realitas tanggapan siswa SMP N 8 Bandung terhadap program kantin kejujuran hubungannya dengan akhlak mereka sehari-hari. Penelitian ini merujuk dari kajian teoritis yang menyatakan bahwa akhlak siswa sehari-hari salah satunya dipengaruhi oleh tanggapan siswa terhadap program kantin kejujuran. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah semakin baik tanggapan siswa terhadap program kantin kejujuran maka akan semakin tinggi pula akhlak siswa sehari-hari. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, karena metode ini diupayakan untuk mencandra atau mengamati permasalahan secara sistematis dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat objek tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Kemudian analisis datanya menggunakan statistik dengan dua pendekatan yaitu analisis parsial dan korelasi melalui langkah-langkah uji normalitas data dan regresi linier. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa realitas tanggapan siswa terhadap program kantin kejujuran (X) adalah kualifikasi tinggi. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata 3,85 berada pada interval 3,5–4,5. Akhlak siswa sehari-hari (Y) termasuk kategori tinggi. Hal ini berdasarkan rata-rata 4,15 berada pada interval 3,5-4,5. Dengan taraf signifikan 5%, hipotesis (Ha) diterima karena t_hitung 38,4>t_tabel 1,36. Artinya terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap program kantin kejujuran dengan akhlak mereka sehari-hari. Koefisien korelasi kedua variabel tersebut sebesar 0,97. Hal ini berarti korelasi tanggapan siswa terhadap program kantin kejujuran dengan akhlak mereka sehari-hari sangat kuat karena berada pada interval 0,80-1,00. Derajat pengaruhnya sebesar 76% dengan demikian masih ada faktor lain sebesar 24% yang dapat mempengaruhi akhlak mereka sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Siswa, Kantin Kejujuran, Akhlak
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nailah Hanany
Date Deposited: 12 May 2016 06:51
Last Modified: 16 May 2016 09:14
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1477

Actions (login required)

View Item View Item