Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan Softskill siswa: studi deskriptif pada siswa kelas VIII MTs Al-Baroroh Balubur Limbangan Garut

Nurjamilah, Zamzam Siti (2016) Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan Softskill siswa: studi deskriptif pada siswa kelas VIII MTs Al-Baroroh Balubur Limbangan Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (566kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy

Abstract

Sekolah merupakan salah satu wadah pendidikan yang didalamnya terdapat proses belajar mengajar antara guru dan murid. Tidak hanya pembelajaran dalam aspek akademik seperti ilmu pengetahuan dan teknologi saja, namun dalam segi pengembangan softskill seperti kemampuan personal dan intrapersonal pun di ajarkan. Hanya saja masih ditemukan banyak siswa yang memiliki softskill rendah, hal ini merupakan permasalahan yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui proses layanan bimbingan kelompok di Mts Al-Baroroh, 2) peningkatan softskill siswa, 3) pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan softskill siswa MTs Al-Baroroh. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa peningkatan softskill siswa banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya dengan menggunakan layanan bimbingan keompok. Oleh karena itu dengan membatasi kasus yang terjadi di MTs Al-Baroroh Limbangan, maka hipotesis yang diajukan adalah semakin efektif layanan bimbingan kelompok maka semakin meningkat pula softskill yang dimiliki siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif impernsial. Adapun sampel yang diambil dengan cara random, jumlah subjeknya besar, dapat diambil antara 10-15% atau 20-25% sampel yang diambil sebanyak 35. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur layanan bimbingan kelompok, dan alat ukur peningkatan softskill siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka diperoleh hasil sebagai berikut: . Pertama, layanan bimbingan kelompok memiliki rata-rata 62.68 (50-75). Kedua, peningkatan softskill siswa memiliki rata-rata 57.60 (50-75). Ketiga, dari hasil uji hipotesis sebesar 0,011 < 0,025. Hal tersebut menunjukan Pv lebih kecil dari α sehingga H1 diterima. maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan softskill siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan; Kelompok;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: ZAMZAM SITI NURJAMILAH
Date Deposited: 31 Oct 2018 09:38
Last Modified: 31 Oct 2018 09:38
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14786

Actions (login required)

View Item View Item