Pengaruh inflasi dan tingkat suku bunga terhadap harga saham: studi kasus pada perusahaan sub sektor pertambangan di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2013-2017

Lestari, Fitri (2018) Pengaruh inflasi dan tingkat suku bunga terhadap harga saham: studi kasus pada perusahaan sub sektor pertambangan di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2013-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy

Abstract

Situasi moneter dan pergerakan variabel makro ekonomi adalah hal yang harus di perhatikan seorang investor dalam melakukan aktivitas perdagangan saham di suatu negara. Keadaan ekonomi dan fluktuasi variabel makro dalam suatu negara dapat mempengaruhi harga saham, termasuk dalam sektor pertambangan. Perusahaan pertambangan adalah rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan industri pertambangan, mulai dari prosfek, eksplorasi, evaluasi, pencarian, penambangan (penggalian), pengolahan, pemurnian, pengangkutan dan pemasaran bahan galian (mineral, batubara, panas bumi, migas). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh inflasi dan suku bunga terhadap harga saham. Analisis terhadap 5 perusahaan sub sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriftif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian digunakan dengan menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor Pertambangan di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2017. Metode pengambilan sampel digunakan dengan metode Purposive Sampling. Adapun data yang di gunakan adalah metode statistik uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Inflasi berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Kemudian Tingkat Suku Bunga secara parsial berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap Harga Saham. Sedangkan secara simultan Inflasi dan Tingkat Suku Bunga berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Kemudian hasil Koefisien Determinasi (R2) hasilnya adalah 0.247248 atau 25% yang artinya bahwa kedua variabel tersebut hanya bisa menjelaskan variabel dependen sebesar 25%, sedangkan sisanya 75% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti, sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat hubungan variabel dikatakan lemah (20 – 39,99%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci; Inflasi; Suku Bunga (BI RATE); Harga Saham
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: Fitri Lestari
Date Deposited: 23 Oct 2018 05:47
Last Modified: 23 Oct 2018 05:47
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14797

Actions (login required)

View Item View Item