Perencanaan lembaga dakwah dalam meningkatkan aktifitas dakwah: Studi deskriftif tentang perencanaan di Pimpinan Cabang Persis 94 Pakenjeng Kab.Garut

Hermawan, Yadi (2013) Perencanaan lembaga dakwah dalam meningkatkan aktifitas dakwah: Studi deskriftif tentang perencanaan di Pimpinan Cabang Persis 94 Pakenjeng Kab.Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover(1).pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak(1).pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi(1).pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1(1).pdf

Download (566kB) | Preview
[img] Text
5_bab2(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text
6_bab3(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text
7_bab4(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)

Abstract

Pimpinan Persatuan Islam Pakenjeng merupakan lembaga dakwah yang berdiri pada tahun 1988 yang bertempat di Kecamatan Pakenjeng tepatnya di Jalan Raya Depok dengan pendiri H.Aep Zaenudin atau yang lebih dikenal dengan sebutan Abah. Organisasi Persatuan Islam ini, bersemboyan “kembali kepada al-Qur’an dan Sunnah dengan maksud membersihkan Islam dari segala bid’ah, khurafat, shirik. Berdirinya organisasi Persatuan Islam (Persis) bertujuan untuk mengangkat ummat Islam dari kejumudan berfikir dan ketertutupan pintu ijtihad. Namun tujuan tersebut tidak akan tercapai tanpa adanya manajemen terutama perencanaan yang matang. Perencanaan Persatuan Islam 94 Pakenjeng-Garut memiliki peranan sebagai wadah untuk menjembatani umat baik dalam beribadah atau dalam bermuamalah, tetapi dalam implementasinya aktifitas dakwah kurang menyeluruh, melainkan hanya Jamaah Persis dan Jamaah binaan saja yang dilibatkan, baik yang bersifat pembinaan rohani ataupun pembinaan jasmani, apabila hendak mengaplikasikan visi misi persis yang berorientasi pada umat dalam beribadah perlu adanya rencana untuk membina umat secara menyeluruh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses perencanaan Lembaga Dakwah dalam meningkatkan aktivitas dakwah di Cabang Persatuan Islam 94 Pakenjeng Kabupaten Garut. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa, perencanaan merupakan hal yang sangat penting dalam proses manajemen, sebab perencanaan merupakan suatu proses pemilihan dan pengembangan tindakan paling baik untuk tercapainya tujuan yang diharapkan atau yang dicapai dalam sebuah lembaga dakwah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu suatu metode yang tujuannya dimaksudakan untuk menggambarkan realitas yang ada, dan menganalisa dengan memaparkan penelitian manajemen dan dikhususkan pada proses perencanaan. karena metode ini didasarkan pada pemanfaatan secara logika yang dihimpun melalui teknik observasi, wawancara dan studi pustaka. Penlitian ini dilakukan dengan cara penentuan lokasi, yaitu di perencanaan Lembaga Dakwah dalam Meningkatkan Aktifitas Dakwah di Pimpinan Cabang Persatuan Islam Pakenjeng-Garut, Jl.Raya Depok-Pakenjeng Kabupaten Garut. Data yang ditemukan bahwa, perencanaan lembaga dakwah dalam meningkatkan aktifitas dakwah di PC Persis Pakenjeng-Garut secara konfrehensif meliputi membuat perkiraan dan perhitungan masa depan, menentuan dan merumusan sasaran, serta menentuan tindakan yang memprioritaskan pada pelaksanaannya cukup baik, akan tetapi belum sempurna, masih ada kekurangan yang harus dibenahi. Hal ini dapat dilihat dari kelengkapan data base serta aktifitas dakwah yang sudah dijalankan melalui penjadwalan pembagian kerja, tugas dan fungsi pengurus, sehingga dengan tenaga dan sumber daya manusia yang sama dalam pelaksanaannya kurang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: lembaga dakwah; aktivitas dakwah
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2016 01:49
Last Modified: 03 Jul 2019 02:19
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/148

Actions (login required)

View Item View Item