Implementasi kebijakan menteri agraria dan tata ruang kepala badan pertanahan nasional nomor 35 tahun 2016 tentang percepatan pelaksanaan pendaftaran tanah sistematis lengkap di Kota Bandung

Afra, Hasna (2018) Implementasi kebijakan menteri agraria dan tata ruang kepala badan pertanahan nasional nomor 35 tahun 2016 tentang percepatan pelaksanaan pendaftaran tanah sistematis lengkap di Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Menteri Agraria dan Tata Ruang membuat Program Percepatan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sesuai dengan perencanaan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 35 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap yang diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan hak atas tanah sebagai bukti kepemilikan. Program ini dilaksanakan disetiap BPN Kabupaten dan Kota yang ada diseluruh Indonesia termasuk di Kota Bandung, dalam rangka percepatan sertifikasi tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemerintah dalam pelaksanaan Program PTSL dan untuk mengetahui seberapa besar tingkat keberhasilan pelaksanaan Program PTSL di Kota Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Implementasi Kebijakan menurut Merilee S. Grindle yang mengemukakan bahwa ada dua variabel penting dalam keberhasilan suatu implementasi kebijakan, yang pertama yaitu bagaimana isi kebijakan itu sendiri dan yang kedua yaitu lingkungan dalam mengimplementasikan kebijakan itu sendiri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu Ketua Pelaksana PTSL Kota Bandung, Pelaksana Teknis, dan perwakilan masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisi data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan pemerintah Kota Bandung melalui BPN Kota Bandung dalam pelaksanaan program PTSL yaitu melalui persiapan yang matang mencangkup sosialisasi, penetapan lokasi, perencanaan tenaga, dan pembentukan panitia ajudikasi percepatan, pelatihan dan penyuluhan. Tingkat keberhasilan pelaksanaan PTSL di Kota Bandung yaitu dari jumlah target 93.000 sertifikat tanah yang ditargetkan hanya 7.234 sertifikat atau hanya mencapai 7,78 % dari data yang peneliti dapatkan. Hal ini disebabkan oleh jumlah kelompok kerja dilapangan tidak sebanding dengan volume target yang ditetapkan sehingga dalam pencapaian target masih belum bisa terpenuhi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan; Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap; Badan Pertanahan Nasional
Subjects: Political dan Government Science
Political dan Government Science > Policy Making
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Hasna Afra
Date Deposited: 02 Oct 2018 08:31
Last Modified: 02 Oct 2018 08:31
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14800

Actions (login required)

View Item View Item