Pengaruh kompetensi sumber daya manusia terhadap efektivitas pengelolaan aset pemerintah Kota Bandung

Wahid, Annur Yusuf (2018) Pengaruh kompetensi sumber daya manusia terhadap efektivitas pengelolaan aset pemerintah Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover .pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy

Abstract

Kompetensi sumber daya manusia merupakan suatu kemampuan untuk melaksanakan suatu pekerjaan yang dilandasi pengetahuan, keterampilan, dan didukung oleh sikap kerja. Kompetensi sumber daya manusia sangat dibutuhkan untuk mengefektifkan sebuah pekerjaan dalam mengelola aset di pemerintahan Kota Bandung yang mana selalu mengalami permasalahan dalam penyajian laporan keuangan seperti tidak dicantumkanya letak/lokasi alamat serta luas tanah gedung dan bangunan sehingga laporan keuangan pemerintah Kota Bandung yang telah diperiksa oleh BPK Perwakilan Jawa Barat dari tahun 2011 hingga 2016 selalu mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh kompetensi sumber daya manusia (pengetahuan, keterampilan, dan sikap) secara parsial dan simultan terhadap efektivitas pengelolaan aset pemerintah Kota Bandung. Landasan teori dalam penelitian ini adalah menurut Wibowo (2007:110) terkait dimensi Kompetensi Sumber Daya Manusia dalam variabel independen (X) diantaranya meliputi Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap. Untuk efektivitas dalam variabel dependen (Y) peneliti menggunakan dimensi menurut Indrawijata (2010:175) yang terdiri dari Tepat Waktu, Tepat Kualitas, dan Tepat Kuantitas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dengan menyebarkan angket/kuesioner kepada 25 responden guna mendapatkan data informasi yang dibutuhkan. Instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi. Semua pengujian tersebut menggunakan program aplikasi SPSS 23 for windows. Berdasarkan pengolahan data secara parsial hasil dari pengetahuan sebesar 3,186 dengan tingkat signifikasi 0,05. Keterampilan sebesar 2,120 dengan tingkat signifikasi 0,05 dan Sikap sebesar 4,91 dengan signifikasi 0,05. Sedangkan secara simultan hasil dari Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap sebesar 34,534 > 3,03 dengan tingkat signifikasi 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, artinya ada pengaruh secara positif antara nilai pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam kompetensi sumber daya manusia terhadap efektivitas pengelolaan aset di Pemerintah Kota Bandung. Selain itu R2 (R Squre) sebesar ,831 atau (83,1%). Hal ini menunjukan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen kompetensi sumber daya manusia terhadap variabel dependen efektivitas pengelolaan aset sebesar 83,1%. Sedangkan sisanya sebesar 16,9% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pengaruh; kompetensi; sumber; daya; manusia; terhadap; efektivitas; pengelolaan; aset; pemerintah; kota; bandung
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Accounting > Public Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Annur Yusuf Wahid
Date Deposited: 03 Oct 2018 04:01
Last Modified: 03 Oct 2018 04:01
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14815

Actions (login required)

View Item View Item