Persepsi masyarakat terhadap pendidikan formal dan pendidikan nonformal: studi kasus tentang polemik masyarakat kampung pangkalan Desa Girimukti Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat

Sapitri, Ludia (2018) Persepsi masyarakat terhadap pendidikan formal dan pendidikan nonformal: studi kasus tentang polemik masyarakat kampung pangkalan Desa Girimukti Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover .pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab3.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu alat untuk menghasilkan perubahan pada diri manusia. Manusia akan dapat mengetahui segala sesuatu yang tidak atau belum diketahui sebelumnya. Pendidikan merupakan hak seluruh umat manusia dan hak untuk memperoleh pendidikan harus diikuti oleh kesempatan dan kemampuan serta kemauan. Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama yaitu keluarga, masyarakat dan pemerintah. Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas SDM agar sejajar dengan manusia lain, baik secara regional, nasional, maupun internsional. Pendidikan merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi sepanjang hayat baik itu pendidikan secara formal maupun nonformal dan informal. Akan tetapi, dalam kenyataannya di Kampung Pangkalan masih banyak masyarakat yang tidak melanjutkan pendidikan secara formal. Minimnya pengetahuan terhadap pendidikan berakibat pada kurangnya minat masyarakat terhadap pendidikan terutama pendidikan secara formal. Maka timbulah persepsi masyarakat yang menganggap pendidikan secara formal itu tidak penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pendidikan formal dan pendidikan nonformal di Kampung Pangkalan , dan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap pendidikan formal dan pendidikan nonformal di Kampung Pangkalan . Penelitian ini menggunakan Teori Tindakan Sosial Max Weber, yaitu tindakan yang dilakukan seseorang untuk mencapai tujuan yang bersifat subjektif yang merupakan perwujudan dari pola pikir atau kebiasaan individu. Adapun bentuk tindakan ini yaitu; (1). Tindakan Rasional Instrumental (2). Tindakan Rasional Nilai (3). Tindakan Apektif (4). Tindakan Tradisional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang menggunakan jenis data kualitatif untuk menganalisa, mendeskrifsikan dan mengungkapkan peristiwa yang terjadi di lapangan. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kondisi pendidikan di Kampung Pangkalan sangat memprihatinkan, masih banyak masyarakat yang tidak melanjutkan pendidikan secara formal, masyarakat Kampung Pangkalan mayoritas hanya menempuh pendidikan sampai jenjang sekolah dasar, bahkan banyak diantara orang tua yang tidak pernah sekolah. Adapun kondisi pendidikan nonformal di Kampung Pangkalan yaitu banyaknya masyarakat yang memilih pendidikan pesantren untuk melanjutkan pendidikan masyarakatnya. Selain itu ditemukan persepsi masyarakat yang masih menganggap bahwa pendidikan secara formal tidak begitu penting, sedangkan pendidikan nonformal seperti pesantren sangat penting.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: persepsi masyarakat; pendidikan formal; pendidikan nonformal;
Subjects: Education
Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ludia Sapitri
Date Deposited: 08 Jul 2019 04:06
Last Modified: 08 Jul 2019 04:06
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14830

Actions (login required)

View Item View Item