Pelaksanaan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri santri di Yayasan Silaturahim dan Pendidikan Husainiyah Cicalengka

Rohaeni, Yeni (2017) Pelaksanaan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri santri di Yayasan Silaturahim dan Pendidikan Husainiyah Cicalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang paling mendasar sebagai fokus masalah pada penelitian adalah pada pelaksanaan bimbingan kelompok yang digunakan oleh pembimbing untuk membantu santri dalam meningkatkan kepercayaan diri bahwa sebagian santri di Yayasan tersebut memiliki tingkat kepercayaan diri yang kurang maka dengan adanya bimbingan kelompok ini bisa membantu santri dalam meningkatkan kepercayaan diri. Individu yang memiliki rasa percaya diri pasti lebih mudah berinteraksi dengan lingkungannya, mudah berbaur dengan temannya, mandiri, optimis, selalu bersikap tenang, dan lain sebagainya. Sebaliknya seseorang yang tidak memiliki rasa percaya diri cenderung bergantung kepada orang lain dalam mengatasi masalah, sering menyendiri dari kelompok yang dianggap lebuh dari dirinya, ragu-ragu, merasa rendah diri, mudah putus asa, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan kelompok yang dilakukan oleh pembimbing untuk membantu meningkatkatkan kepercayaan diri santri, mengetahui faktor yang mempengaruhi pelaksanaan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri santri, dan untuk mengetahui hasil dari pelaksanaan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri santri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu menggambarkan secara sistematis dan akurat mengenai hubungan permasalahan yang diselidiki. Sedangkan teknik yang diambil dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa: Pertama, pelaksanaan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri santri menggunakan empat tahap diantaranya tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, dan tahap pengakhiran. Dalam pelaksanan bimbingan kelompok ini juga melalui beberapa bentuk bimbingan kelompok yaitu kegiatan Tahfidz Al-Qur’an, kegiatan Muhadharah, dan kegiatan Pengembangan Bahasa dengan menggunakan metode talaqi, ceramah, dan hafalan terbukti dapat membantu santri memiliki kepercayaan diri. Kedua, faktor yang mempengaruhi dalam pelaksanaan bimbingan kelompok meliputi faktor pendukung dan penghambat, faktor ini sangatlah beragam terutama yang datang dari santri dan pembimbing. Ketiga, hasil pelaksanaan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri menunjukkan adanya keberhasilan baik itu dari kegiatan Tahfidz Al-qur’an, kegiatan Muhadharah, maupun kegiatan Pengembangan Bahasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok; meningkatkan; kepercayaan diri; santri
Subjects: Communications Telemunications
Communications Telemunications > Wireless Communications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Yeni Rohaeni
Date Deposited: 04 Oct 2018 03:04
Last Modified: 04 Oct 2018 03:04
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14850

Actions (login required)

View Item View Item