Kredibilitas surat kabar harian umum Pikiran Rakyat dalam pandangan mahasiswa: penelitian kualitatif pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurnalistik angkatan 2015 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Hilmi, Laura (2018) Kredibilitas surat kabar harian umum Pikiran Rakyat dalam pandangan mahasiswa: penelitian kualitatif pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurnalistik angkatan 2015 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diploma thesis, UIN SUnan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (726kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi mengenai kredibilitas dari surat kabar Harian Umum Pikiran Rakyat dalam pandangan mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurnalistik Angkatan 2015 Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Secara bahasa, kredibilitas (credibility) artinya kepercayaan atau keadaan dapat dipercaya, berakar kata credible yang artinya dapat dipercaya. Fenomena yang terjadi saat ini adalah banyaknya informasi hoax atau berita bohong. Adanya informasi bohong tersebut telah mempengaruhi pandangan masyarakat dan keterpercayaan masyarakat terhadap informasi dan berita di media massa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana mahasiswa jurnalistik dalam memandang kredibilitas surat kabar Harian Umum Pikiran Rakyat, yang meliputi tiga dimensi yaitu keseimbangan, kejujuran, dan aktualitas atau kekinian pemberitaan. Penelitian ini menggunakan teori atau konsep teori atau konsep Kredibilitas media sebagai landasan. Kredibilitas Media (Media Credibility) adalah tingkat keterpercayaan pemberitaan media. Semakin kredibel sebuah media, maka tingkat kepercayaan publik terhadap pemberitaan media tersebut semakin tinggi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode wawancara mendalam dan observasi lapangan. Metodologi dengan pendekatan kualitatif digunakan agar memiliki gambaran yang lengkap dan benar tentang pokok maslaah yang akan diteliti. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kredibilitas surat kabar Harian Umum Pikiran Rakyat dalam pandangan mahasiswa Ilmu Komunikasi Jurnalistik UIN SGD Bandung adalah positif. Secara garis besar surat kabar Harian Umum Pikiran Rakyat adalah surat kabar yang kredible sebagai surat kabar tingkat regional di Jawa Barat. Namun tetap harus dilakukan evaluasi lagi di beberapa dimensi terutama mengenai pemilihan judul berita dan kelengkapan unsur berita. Selain itu, wilayah sirkulasi atau peredaran surat kabar juga perlu ditinjau kembali agar seluruh warga Jawa Barat dapat membaca dan menerima informasi dari surat kabar Harian Umum Pikiran Rakyat lebih mudah. Penelitian ini mengukur kredibilitas surat kabar Harian Umum Pikiran Rakyat dalam pandangan mahasiswa. Penelitian kredibilitas terkait dengan surat kabar Harian Umum Pikiran Rakyat baru pertama kali dilakukan setelah 52 tahun koran tersebut berdiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kredibilitas; Surat Kabar
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Analysis, Theory of Functions > General Aspects of Analysis
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Laura Hilmi
Date Deposited: 24 Oct 2018 06:29
Last Modified: 24 Oct 2018 06:29
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14871

Actions (login required)

View Item View Item