Peran industri kerajinan kain perca dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dalam meningkatkan ekonomi masyarakat: studi deskriptif di Desa Sukamulya Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu

Anita, Linda (2018) Peran industri kerajinan kain perca dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dalam meningkatkan ekonomi masyarakat: studi deskriptif di Desa Sukamulya Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy

Abstract

Perekonomian merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan masyarakat. Ekonomi berpengaruh pada tingkat pendidikan dan kesejahteraan masyarakat. Salah satu masalah ekonomi yang sering terjadi dan belum dapat terselesaikan yaitu masalah kemiskinan. Hal ini dapat dilihat dari masih banyaknya pengangguran, tingkat pendidikan yang rendah, dan tingkat pendapatan yang rendah. Industri kecil mempunyai peran penting dalam penyerapan tenaga kerja, penyamarataan pendapatan, dan meningkatkan ekonomi masyarakat. Industri kecil yang ada di Desa Sukamulya adalah industri kerajinan kain perca, industri kerajinan kain perca mempunyai pengaruh dalam penyerapan tenaga kerja dan meningkatkan ekonomi masyarakat yang bekerja di sektor industri tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pelaksanaan industri kerajinan kain perca dalam meningkatkan ekonomi masyarakat, untuk mengetahui apa saja kendala-kendala yang dihadapai industri kerajiann kain perca, serta untuk mengetahui hasil pemberdayaan industri kerajinan kain perca di Desa Sukamulya Kecamatan Sukamulya Kabupaten Pringsewu. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori pemberdayaan. Teori ini merupakan teori dari Edi Suharto asumsi dasarnya yaitu pemberdayaan merupakan sebuah proses dan tujuan. Dimana sebagai proses dalam pemberdayaan adanya serangkaian kegiatan untuk memperkuat kekuasaan atau keberdayaan kelompok lemah dalam masyarakat sedangkan sebagai tujuan adalah keadaan atau hasil yang ingin dicapai oleh sebuah perubahan sosial baik dari segi ekonomi, pendidikan, lingkungan dan sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan menggambarkan keadaan di lapangan terkait pelaksanaan, kendala-kendala dan hasil pemberdayaan yang telah dilakukan industri kerajinan kain perca dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Dengan melakukan wawancara mendalam. Sumber data primer diperoleh dari observasi serta wawancara terhadap pihak yang bersangkutan terhadap objek penelitian daerah tersebut. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen dan foto-foto yang relevan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan industri kerajinan kain perca dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dilakukan dengan program pembinaan berupa pelatihan. Adapun kendala-kendala yang dihadapi industri kerajinan kain perca dalam proses pemberdayaan terdapat faktor internal dan eksternal. Hasil yang dicapai dalam pemberdayaan industri kerajinan kain perca yaitu adanya penyerapan tenaga kerja, meningkatnya pendapatan, meningkatnya pendidikan, masyarakat menjadi lebih mandiri, dan ekonomi masyarakat Desa Sukamulya meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran; Industri Kerajinan; Pemberdayaan; Ekonomi Masyarakat;
Subjects: Econmics > General Publications of Economic
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Linda Anita Saepudin
Date Deposited: 25 Oct 2018 02:55
Last Modified: 25 Oct 2018 02:55
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14896

Actions (login required)

View Item View Item