Pengaruh perputaran kas, perputaran piutang, dan perputaran modal kerja terhadap likuiditas: penelitian pada PT Astra Internasional Tbk Periode 2008-2017

Nur'ula, Umayah (2018) Pengaruh perputaran kas, perputaran piutang, dan perputaran modal kerja terhadap likuiditas: penelitian pada PT Astra Internasional Tbk Periode 2008-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (510kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Dalam perekonomian saat ini mengalami perubahan yang sangat signifikan, semakin berkembangnya dunia usaha di Indonesia maka semakin banyak persaingan-persaingan antar perusahaan yang semakin ketat. Untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan dalam persaingan maka dibutuhkan pengelola sumber daya yang dilakukan oleh pihak manajemen dengan sebaik mungkin. Likuiditas menggambarkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban finansialnya yang segera harus dipenuhi dan berkaitan dengan masalah kepercayaan kreditur jangaka pendek terhadap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran modal kerja terhadap likuiditas secara parsial dan simultan pada PT. Astra Internasional Tbk pada periode 2008-2017. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perputaran kas, perputaran piutang, perputaran modal kerja dan likuidits. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan jenis penelitian ini deskriptif-veripikatif. Data yang digunakan adalah data sekunder, dimana perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran modal kerja sebagai variabel independen dan likuiditas dengan pengukurang rasio cepat (quick ratio) sebagai variabel dependen. Metode statistik yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier, pengujian hipotesis melalui uji T dan uji F, dan determinasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial perputaran kas berpengaruh negatif terhadap likuiditas dengan T hitung sebesar -6,135 dan signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,001. Perputaran piutang berpengaruh negatif terhadap likuiditas dengan T hitung sebesar -2,037 dan signifikansi lebih besar dari 0,05 yaitu sebesar 0,088. Sedangkan perputaran modal kerja berpengaruh positif terhadap likuiditas dengan T hitung sebesar 3,566 dan signifikansi lebih besar dari 0,05 yaitu sebesar 0,12. Hasil penelitian secara simultasn, perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran modal kerja berpengaruh signifikan terhadap likuiditas. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil F hitung > F tabel yaitu sebesar 16,358 > 4,76 dan tingkat signifikansi penelitian lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,003 (0,003 < 0,05). Nilai R Square sebesar 81,9% yang menunjukkan baha perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran modal kerja memberikan pengaruh yang sangat kuat terhadap likuiditas dan sisanya 10,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perputaran Kas; Perputaran Piutang; Perputaran Modal Kerja dan Likuiditas
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Depositing User: umayah nur ula
Date Deposited: 04 Oct 2018 03:45
Last Modified: 04 Oct 2018 03:45
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14931

Actions (login required)

View Item View Item