Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat Melalui Program Senyum Sehat : Studi Deskriptif di Rumah Zakat Jl. Turangga No 33 Bandung

Sa'adah, Hani Roviati (2018) Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat Melalui Program Senyum Sehat : Studi Deskriptif di Rumah Zakat Jl. Turangga No 33 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy

Abstract

Kesehatan merupakan bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu Rumah Zakat memberikan bantuan kesehatan yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kesehatan, bantuan itu berupa program senyum sehat. Salah satu Program senyum Sehat dilaksanakan di Kp. Banen Desa Limbangan Timur, Garut. Kegiatan Kebun Gizi di dirikan sejak bulan November 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang perencanaan Rumah Zakat dalam memberdayakan masyarakat melalui program senyum sehat, untuk mengetahui pelaksanaan Program Senyum Sehat dalam memberdayakan masyarakat, serta untuk mengetahui hasil program senyum sehat dalam memberdayakan masyarakat di wilayah binaan. Adapun Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan dari Edi Suharto yang asumsi dasarnya yaitu pemberdayaan merupakan sebuah proses dan tujuan. Dimana serangkaian proses dan kegiatan ini untuk memperkuat kekuasaan atau keberdayaan kelompok lemah dalam masyarakat. Sedangkan tujuan pemberdayaan ialah menunjuk pada keadaan atau hasil yang ingin dicapai oleh sebuah perubahan sosial, yaitu masarakat yang berdaya memiliki kekuasaan atau pengetahuan dan kemampuan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya baik yang bersifat fisik, ekonomi, lingkungan maupun sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menggambarkan keadaan di lapangan terkait pelaksanaan program senyum sehat dalam meningkatkan kesehatan masyarakat dengan melakukan wawancara. Sumber data primer diperoleh dari observasi serta wawancara terhadap pihak yang bersangkutan terhadap objek penelitian tersebut. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen dan foto-foto yang relevan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa pemberdayaan kesehatan yang dilakukan Rumah Zakat di Kampung Banen pertama dalam pemberdayaan program senyum sehat terdapat pelayanan kuratif dan non kuratif. Kuratif itu berupa pengobatan sedangkan non kuratif berupa penyuluhan kesehatan ke masyarakat. Proses pelaksanaan program senyum sehat dalam memberdayakan masyarakat yaitu fasilitator memberikan binaan khusus kepada masyarakat tetntang bertani yang baik dan benar. Tujuannya untuk perbaian kehidupan masyarakat agar mendapatkan perbikan kesehatan. Tingkat keberhasilannya, keberadaan program senyum sehat ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam bentuk kebun gizi. kebun gizi sangat membantu masyarakat Kp. Banen dalam hal kesehatan masyarakat dan kebutuhan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Kesehatan Masyarakat; Senyum Sehat;
Subjects: Personal Health, Hygiene
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: hani roviati sa'adah
Date Deposited: 17 Oct 2018 02:24
Last Modified: 17 Oct 2018 02:24
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/14953

Actions (login required)

View Item View Item