Respon Siswa terhadap Peggunaan Metode Word Square Hubunganya dengan Keaktifan Belajar Siswa pada mata Pelajaran PAI Penelitian kelas VII SMP Triyasa Ujung Berung Bandung

Saepul Juana, Saepul (2018) Respon Siswa terhadap Peggunaan Metode Word Square Hubunganya dengan Keaktifan Belajar Siswa pada mata Pelajaran PAI Penelitian kelas VII SMP Triyasa Ujung Berung Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (609kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy

Abstract

Bedasarkan studi pendahuluan di SMP Triyasa kec. Ujung Berung diterapkan metode pembelajaran word square dalam proses belajar mengajar, dan diduga dapat siswa menjadi aktif. Namun ketika proses pembelajaran berlangsung tidak semua siswa dapat aktif,, seperti siswa belum sepenuhnya memiliki keaktifan dalam pembelajaran diantaranya adalah siswa kurang keberanian untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, keingginan dan kemauanya dalam kegiatan belajar. Dikarenakan kurangya respon siswa dalam pembelajaran sehingga siswa canggung dalam mengungkapkan pendapatnya, padahal faktor keaktifan siswa sebagai subyek sangat menentukan hasil pembelajaran. Metode word square merupakan pengembangan dari metode ceramah yang diperkaya, ini berorientasi pada keaktifan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) realitas respon siswa terhadap penggunaan metode word square, (2) realitas keaktifan belajar siswa, dan (3) hubungan respon siswa terhadap penggunaan word square dengan kaktifan belajar siswa dalam pembelajaran PAI. Bedasarkan penelitian pada kajian teroritis yang menyatakan bahwa respon merupakan kegiatan yang ditimbukan oleh stimulus (peransang). Respon hanya akan timbul apabila individu dihadapkan pada suatu stimulus yang menghendaki adanya reaksi individu. Keaktifan yang berarti kegiatan, dan kesibukan, aktif juga berarti bahwa dalam proses pembelajaran guru menciptakan suasana yang mendukung (kondusif) sehingga siswa aktif bertanya dan dapat memprtanyakan Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket sedangkan analisis datanya dengan pendekatan statistik. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa (1) realitas respon siswa terhadap pengunaan metode word square memperoleh rata-rata 3,94 yang berarti tinggi. Angka terbsebut menunjukan pada interval 3,40 -4.19, (2) realitas keaktifan belajar mereka memiliki rata-rata 3,89 yang berarti tinggi angka tersebut termasuk pada interval 3,40 – 4,19, (3) hubungan respon siswa terhadap pembelajaran word square dengan keaktifan belajar termasuk pada kualifikasi korelasi sedang (0,47) yaitu 0,40 – 0,70 yang berarti kolerasi sedang. Juga dari angka tersebut menghasilkan pengaruh sebesar 22,09% hal ini juga bararti hipotesis yang di ajukan diterima dan masih terdapat 77,91% faktor lain yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Word Square;Keaktifan; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Saepul Juana
Date Deposited: 09 Oct 2018 02:38
Last Modified: 09 Oct 2018 02:38
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15143

Actions (login required)

View Item View Item