Efektivitas manajemen sumber daya manusia dalam peningkatan mutu sekolah : studi implementatif di SD Mutiara Parahyangan.

Irwanto, Irwanto (2018) Efektivitas manajemen sumber daya manusia dalam peningkatan mutu sekolah : studi implementatif di SD Mutiara Parahyangan. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

Sumber daya manusia (SDM) merupakan elemen utama dalam organisasi dibandingkan elemen lain seperti modal dan teknologi, sebab manusia itu sendiri yang mengendalikan yang lain. Sekolah sebagai salah satu organisasi/lembaga pendidikan saat ini masih dinilai sebagai lembaga yang memiliki skor akreditasi rendah dari berbagai sudut, termasuk dalam mutu pengelolaan dan pelayanan yang masih belum mampu menunjukkan sisi - sisi profesionalitas dalam memberikan kepuasan para pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengkaji lebih mendalam tentang : 1) Implementasi manajemen sumbe r daya manusia di SD Mutiara Parahyangan . 2) Efektivitas implementasi manajemen sumber day a manusia di SD Mutiara Parahyangan dalam peningkatan mutu sekolah. 3) Faktor - faktor yang mendukung dan menghambat manajemen sumber daya manusia dalam peningkatan mut u sekolah di SD Mutiara Para hyangan . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik non statistik dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan studi kasus ( case study ). Data diperoleh melalui pengamatan, dimana peneliti berfungsi sebagai instrumen untuk melakukan observasi non partisipan, wawancara mendalam dengan sumber data utama/primer dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis interaktif melalui 3 kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dengan p erpanjangan keikutsertaan dan triangulasi data. Dari hasil penelitian ini dapat dipaparkan bahwa : 1) Perencanaan SDM dirancang dan disusun secara sistematik dan berdasarkan kemandirian sekolah dengan memperhatikan ciri khas sekolah. 2) Rekrutmen SDM di lakukan secara terbuka, mandiri dan dengan mengedepankan prinsip profesionalisme serta transparansi. 3) Seleksi dinilai telah memenuhi unsur professional. 4) Orientasi, meski tidak formal, tetap diberikan dengan cara memperkenalkan kondisi lingkungan, buda ya dan rekan kerja. 5) Pelatihan dan pengembangan yang dilakukan telah memberikan dampak dan pengaruh positif, baik untuk sekolah maupun personel. 6) Penilaian kinerja dilakukan dengan menggunakan dua aspek, yakni aspek penilaian model kuantitatif dan kual itatif. 7) Pengelolaan dan perencanaan karier dilakukan dengan proporsional. 8) Kompensasi dilakukan dengan memperhatikan pola kompensasi langsung dan kompensasi tidak langsung. Efektivitas implementasi manajemen sumber day a manusia di SD Mutiara Parahyangan dalam upayanya meningkatkan mutu sekolah dilihat dari perspektif kepuasan pelanggan internal dan kepuasan pelanggan eksternal primer, menurut hemat penulis ternyata dapat dikategorikan baik. Bentuk kepuasan yang didapat adalah berupa adanya pen ingkatan perkembangan psikis pelanggan. Indikatornya berupa adanya kesempatan personel untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Manajemen Sumber Daya Manusia; Mutu
Subjects: General Management
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: irwanto irwanto
Date Deposited: 08 Oct 2018 09:08
Last Modified: 08 Oct 2018 09:08
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15169

Actions (login required)

View Item View Item