Hubungan Antara Religiusitas Dan Dukungan Sosial Dengan College Adjustment : Studi pada Mahasiswa di Pondok Pesantren Al-Ihsan Cibiruhilir Angkatan 2017

Rahma, Ulfa Ainur (2018) Hubungan Antara Religiusitas Dan Dukungan Sosial Dengan College Adjustment : Studi pada Mahasiswa di Pondok Pesantren Al-Ihsan Cibiruhilir Angkatan 2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy

Abstract

Transisi dari sekolah menengah atas menuju Perguruan Tinggi adalah proses yang kompleks untuk hampir semua Mahasiswa baru. Banyak perubahan yang dialami oleh Mahasiswa yang memasuki Perguruan Tinggi. Sebagian Mahasiswa diharuskan untuk tinggal jauh dari orang tua dan menetap di daerah sekitar kampus. Beberapa Mahasiswa memilih tinggal di Pondok Pesantren, yang merupakan lembaga dengan sistem dan kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan keagamaan. Kepercayaan terhadap Tuhan dan kegiatan keagamaan yang dilakukan seseorang menjadi salah satu strategi koping yang sering digunakan Mahasiswa saat menghadapi kesulitan dalam hidup. Selain itu bantuan dan dukungan yang didapatkan Mahasiswa dari keluarga, teman sebaya dan sahabatnya, dapat membatunya melewati kesulitan menghadapi penyesuian di Perguruan Tinggi. Penelitian ini ingin melihat bagaimana aspek religius seseorang serta dukungan yang didapatkan dapat membuatnya lebih optimis dalam melewati masa transisi ke Perguruan Tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan religiusitas dan dukungan sosial dengan college adjustment pada Mahasiswa tingkat pertama yang tinggal di Pondok Pesantren. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 84 Mahasiswa yang tinggal di salah satu Pondok Pesantren yang berada tidak jauh dari lingkungan kampus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan korelasional. Teknik analisis korelasi menunjukan hasil bahwa religiusitas dan dukungan sosial berhubungan secara positif dengan college adjustment (0.000<0.05) dengan derajat korelasi sedang (R= 0.511)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa; religiusitas; dukungan sosial; Perguruan Tinggi; college adjustment;
Subjects: Psychology
Psychology > Education of Psychology
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Ulfa Ainur Rahma
Date Deposited: 09 Oct 2018 06:46
Last Modified: 09 Oct 2018 06:46
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15171

Actions (login required)

View Item View Item