Penerapan teknik analisis trend untuk menilai kinerja keuangan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung

Septiani, Nanda Dwi (2018) Penerapan teknik analisis trend untuk menilai kinerja keuangan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy

Abstract

Teknik Analisis Trend merupakan teknik analisis laporan keuangan untuk melihat kecenderungan suatu pos keuangan apakah meningkat, tetap atau menurun. Teknik Analisis Trend dapat digunakan sebagai teknik untuk mengevaluasi kinerja keuangan di suatu perusahaan sebagai dasar untuk menilai prestasi perusahaan dari tahun ke tahun, termasuk pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung sebagai salah satu Perusahaan Daerah yang harus memiliki kinerja keuangan yang baik sebagai wujud akuntabilitas terhadap pemerintah daerah dan masyarakat sebagai penerima pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Keuangan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung periode 2012-2017 berdasarkan indikator dari BPPSPAM yaitu terdiri dari Rasio Return On Equity (ROE), Rasio Operasi, Rasio Kas, Efektifitas Penagihan, dan Solvabilitas, kemudian dihitung jumlah skor nya, dan dilihat kecenderungannya melalui teknik analisis Trend. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan menggunakan aspek penilaian kinerja Keuangan berdasarkan indikator BPPSPAM yaitu Rasio Return On Equity (ROE), Rasio Operasi, Rasio Kas, Efektifitas Penagihan, dan Solvabilitas, kemudian dihitung jumlah skor nya, dan dilihat kecenderungannya melalui teknik analisis Trend. Hasil analisis menunjukkan bahwa Nilai aspek Keuangan PDAM Tirtawening Kota Bandung berdasarkan Indikator BPPSPAM dan kondisi Trend kinerja keuangan PDAM Tirtawening periode tahun 2012-2017 menunjukkan trend yang meningkat pada tahun 2012 dengan nilai sebesar 0.525 dan pada tahun 2013 menjadi 0.69, namun pada tahun 2013 ke tahun 2014 menunjukkan hasil yang setara yaitu sebesar 0.69, kemudian pada tahun selanjutnya yaitu tahun 2015 menunjukkan trend yang menurun yaitu menjadi sebesar 0.47, kemudian pada tahun 2016 dan 2017 menunjukkan hasil trend yang meningkat yaitu sebesar 0.92.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Keuangan; Trend; Indikator BPPSPAM
Subjects: Administration of Economy > Administration of Industries
Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Nanda Dwi Septiani
Date Deposited: 11 Oct 2018 03:48
Last Modified: 11 Oct 2018 03:48
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15177

Actions (login required)

View Item View Item