Dimensi-dimensi Dakwah dalam Tradisi Sedekah Bumi ;Studi Deskriptif pada Tradisi Sedekah Bumi Di Desa Jagapura Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon Jawa Barat;

Humaningsih, Siti (2018) Dimensi-dimensi Dakwah dalam Tradisi Sedekah Bumi ;Studi Deskriptif pada Tradisi Sedekah Bumi Di Desa Jagapura Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon Jawa Barat;. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang dibahas dalam skripsi ini adalah terkait tradisi yang diselenggarakan pada setiap tahunnya oleh kepala desa dan perangkat desa Jagapura, yaitu tradisi sedekah bumi. Jika diteliti lebih dalam banyak perpaduan antara agama Islam dan budaya yang sudah menjadi warisan masyarakat desa. Sehingga penelitian mengenai tradisi ini menarik untuk dilakukan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosesi tradisi sedekah bumi, adakah unsur dakwah yang terkandung dalam tradisi sedekah bumi dan adakah konsep dakwah yang digunakan dalam tradisi sedekah bumi ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori akulturasi, dikarnakan pemilihan teori harus relevansi dengan yang dibahas dalam penelitian. Teori ini menjelaskan tentang adanya penyesuaian budaya pribumi yang sudah berkembang dengan suatu pembaruan, yakni adanya makna Islam yang terkandung didalamnya. Pemilihan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan analisis pendekatan kualitatif. Fokus yang terkait dalam penelitian ini mengenai kandungan dimensi-dimensi dakwah atau unsur-unsur dakwah dalam tradisi sedekah bumi. Sedangkan untuk mengumpulkan data penelitian menggunakan obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukan bahwa ditemukan banyak kandungan dakwah Islam didalam tradisi sedekah bumi yang diselenggarakan oleh desa Jagapura. unsur-unsur dakwah dalam tradisi sedekah bumi ini yakni aparatur desa Jagapura, tokoh agama desa Jagapura, pemangku adat desa Jagapura dan dalang wayang kulit desa Jagapura yang dikategorikan sebagai da’i dalam tradisi sedekah bumi, adapun seluruh masyarakat desa Jagapura adalah mad’u dalam tradisi ini, sebagai pesan dakwah dalam tradisi ini yakni cerita pewayangan dalam tradisi sedekah bumi, kidung atau senandung pewayangan yang mengandung do’a didalamnya, sholawat yang dibacakan ketika tradisi baritan. Dan terakhir yang menjadi media dakwah dalam tradisi sedekah bumi ini yakni puasa hajat, pertunjukan wayang kulit, tahlilan, tradisi baritan dan pengumpulan makanan di balai desa. Hal diatas tersebut memberikan nilai positif bagi masyarakat desa Jagapura seperti nilai sedekah, syukur, dakwah, akidah dan akhlaq. Hasil wawancara yang didapatkan juga menunjukan bahwa ada nilai-nilai positif yang diterapkan oleh masyarakat dalam kehidupannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tradisi; Sedekah Bumi; Unsur-unsur Dakwah
Subjects: Culture and Institutions
Culture and Institutions > Specific Aspect of Culture
Depositing User: Siti Humaningsih
Date Deposited: 11 Oct 2018 07:28
Last Modified: 11 Oct 2018 07:28
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15189

Actions (login required)

View Item View Item