Analisis efektivitas pendapatan retribusi parkir di Kota Bandung : Studi kasus pada UPT parkir Dinas Perhubungan Kota Bandung

Damayanti, Sapitri (2018) Analisis efektivitas pendapatan retribusi parkir di Kota Bandung : Studi kasus pada UPT parkir Dinas Perhubungan Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Retribusi daerah merupakan salah satu faktor yang dominan peranannya dan kontribusinya dalam menunjang pemerintahan daerah, salah satunya adalah retribusi jasa umum. Objek retribusi jasa umum yang akan diteliti oleh penulis adalah jenis retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum. Pendapatan retribusi parkir di Kota Bandung mengalami fluktuasi. Kecilnya pendapatan yang tidak sebanding dengan target yang telah ditetapkan, menyebabkan ketidak efektivitasan dalam mengelola pendapatan retribusi parkir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui bagaimana efektivitas pendapatan retribusi parkir di Kota Bandung. Penelitian ini mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Makmur bahwa keberhasilan efektivitas dipernagruhi oleh indikator-indikator, yaitu: ketepatan waktu, ketepatan perhitungan biaya, ketepatan dalam pengukuran, ketepatan dalam menentukan pilihan, ketepatan dalam menentukan tujuan, ketetpatan-ketepatan sasaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa retribusi parkir di Kota Bandung selama periode 2012-2017 mengalami fluktuasi. Rata-rata realisasi retribusi parkir di Kota Bandung selama periode 2012-2017 hanya sebesar 49,18%. Realisasi pendapatan retribusi parkir yang paling kecil terjadi pada tahun 2017 yaitu sebesar 4,27%. Besarnya pencapaian realisasi yang rendah disebabkan oleh target yang begitu tinggi dan tidak sebanding dengan apa yang ada dilapangan dan salah satunya kemungkinan adanya perhitungan target yang over-estimaet. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerimaan retribusi parkir di Kota Bandung selama periode 2012-2017 dapat dikatakan tidak efektif dengan rata-rata tingkat efektivitas sebesar 49,18%. Semakin rendahnya pendapatan retribusi parkir menggambarkan bahwa pemungutan retribusi parkir yang kurang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis; Efektivitas; Pendapatan; Retribusi Parkir;
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: sapitri sapitri sapitri damayanti
Date Deposited: 10 Oct 2018 03:08
Last Modified: 10 Oct 2018 03:08
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15237

Actions (login required)

View Item View Item