Penerapan model pembelajaran matematika Knisley dengan metode brainstorming untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa

Nasution, Rika Wahyuni (2018) Penerapan model pembelajaran matematika Knisley dengan metode brainstorming untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi dengan pembelajaran Matematika di SMP Muhammadiyah 10 Bandung yang masih menggunakan pembelajaran konvensional. Aktifitas dalam proses pembelajaran cenderung didominasi oleh guru. Guru kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga kurangnya pemahaman matematis siswa. Menyikapi permasalahan tersebut penelitian ini dilakukan untuk melihat ada atau tidaknya peningkatan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran matematika Knisley, model pembelajaran matematika Knisley dengan brainstorming dan pembelajaran konvensional. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahai: (a) Gambaran proses pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran matematika Knisley dan model pembelajaran matematika Knisley dengan metode brainstorming; (b) Perbedaan peningkatan pemahaman matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran matematika Knisley, model pembelajaran matematika Knisley dengan metode brainstorming dan pembelajaran konvensional; (c) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran matematika Knisley dan model pembelajaran matematika Knisley dengan metode brainstorming. . Metode yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen. Pengambilan sempel menggunakan teknik Purposive Sampling, yaitu kelas VII-A, VII-C dan VII-D. Pengambilan data menggunakan instrumen tes yaitu soal pemahaman matematis, dan non tes yaitu lembar observasi guru dan siswa serta skala sikap. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh: (a) Aktivitas siswa dan aktivitas guru mengalami peningkatan tiap pertemuannya; (b) Hasil analisis Anova dan uji lanjut Post Hoc dengan uji Scheffe menyatakan adanya perbedaan peningkatan pemahaman matematis siswa dengan urutan peningkatan tertinggi adalah yang memperoleh pembelajaran matematika Knisley dengan metode brainstorming, pembelajaran konvensional, model pembelajaran matematika Knisley; (c) Berdasarkan analisis data skala sikap siswa yang memperoleh pembelajaran matematika Knisley dan model pembelajaran matematika Knisley dengan metode brainstorming diketahui bahwa sebagian besar siswa merespon positif terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Knisley; brainstorming; pemahaman matematis.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Rika Wahyuni Nasution
Date Deposited: 09 Oct 2018 08:18
Last Modified: 09 Oct 2018 08:18
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15245

Actions (login required)

View Item View Item