Respon Karyawan Departement Store Terhadap Kegiatan Dakwah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Mereka : Penelitian di PT. Matahari Departement Store Tbk Jalan Jerndral Ahmad Yani Cikole Gunung Parang Kota Sukabumi

Aulia Ramdania, Rahayu (2018) Respon Karyawan Departement Store Terhadap Kegiatan Dakwah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Mereka : Penelitian di PT. Matahari Departement Store Tbk Jalan Jerndral Ahmad Yani Cikole Gunung Parang Kota Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (551kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy

Abstract

Pengajian dimasyarakat merupakan kegiatan dakwah untuk menyiarkan ajaran Islam. Banyak perusahaan lebih mementingkan keuntungan dan laba perusahaan dibandingkan kesejahtraan karyawan, padahal kesejahtraan karyawan dapat meningkatkan laba perusahaan, sedangkan kesejahteraan karyawan dalam aspek ekonomi turut meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan. Meskipun begitu, ditemukan beberapa perusahaan yang memfasilitasi kegiatan dakwah untuk mendorong dan meningkatkan motivasi kerja, salah satunya yaitu PT. Matahari Departement Store Sukabumi yang dilaksanakan satu minggu dua kali. Pengajian ini dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan agar dapat memahami dan mengamalkan ajaran Islam. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui bagaimana perhatian karyawan terhadap kegiatan dakwah untuk meningkatkan motivasi kerja 2) bagaimana pemahaman karyawan terhadap kegiatan dakwah untuk meningkatkan motivasi kerja 3) bagaimana penerimaan karyawan terhadap kegiatan pengajian untuk meningkatkan motivasi kerja. Penelitian ini berangkat dari teori respon dari Hovland, Janis dan Kelley tentang S-O-R yaitu Stimulus, Organism dan Response, teori S-O-R digunakan untuk melihat respon karyawan terhadap penyampaian ustad dalam ceramah. Penelitian ini ditempuh dengan menggunakan metode survei dengan pendektan kuantitatif, sedangkan sumber data yang dikumpulkan yaitu dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil observasi, wawancara, angket yang disebarkan kepada karyawan PT. Matahari Departement Store Tbk Sukabumi, sedangkan data sekunder diperoleh dari hasil studi pustaka buku sejarah, struktur dan visi misi perusahaan yang mendukung terhadap hasil penelitian. Hasil penelitian di lapangan menunjukan respon karyawan terhadap kegiatan dakwah dalam meningkatkan motivasi kerja termasuk kategori tinggi sebesar (83,4%), pemahaman respon karyawan terhadap kegiatan dakwah dalam meningkatkan motivasi kerja direspon tinggi (83,4%), dan penerimaan berdasarkan respon karyawan dalam meningkatkan motivasi kerja yaitu direspon tinggi (83,4%). Penelitian ini menunjukan Ha diterima, artinya terdapat respon karyawan terhadap kegiatan dakwah dalam meningkatkan motivasi kerja karyawan di PT. Matahari Departement Store Tbk Sukabumi. Kata Kunci: Respon Karyawan, Kegiatan Dakwah, Motivasi Kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Respon Karyawan; Kegiatan Dakwah; Motivasi Kerja.
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rahayu Aulia Ramdania
Date Deposited: 10 Oct 2018 07:47
Last Modified: 10 Oct 2018 07:47
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15351

Actions (login required)

View Item View Item