Penerapan konseling kelompok dalam meningkatkan motivasi siswa Madrasah Aliyah Tarbiyatul Mutaalimin Pagaden untuk melanjutkan pendidikan ke Pergurun Tinggi

sri wahyuni, deti (2018) Penerapan konseling kelompok dalam meningkatkan motivasi siswa Madrasah Aliyah Tarbiyatul Mutaalimin Pagaden untuk melanjutkan pendidikan ke Pergurun Tinggi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. tidak seimbangnya lapangan pekerjaan dengan jumlah penduduk di Indonesia, maka sumber daya manusia nya yang harus di tingkatkan. Pendidikan yang tinggi secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan layanan konseling kelompok dalam meningkatkan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa madrasah aliyah tarbiyatul mutaalimin pagaden Subang. Konseling humanistik menurut abraham maslow digunakan untuk pengembangan diri melalui potensi yang ada dalam diri untuk mencapai tahapan aktualisasi diri. Metode yang digunakan dengan cara deskriptif dan pendekatan kualitatif. Pegumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara unitisasi data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan konseling kelompok dalam meningkatkan motivasi melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi pada siswa siswadengan sasaran siswa kelas XII dengan menggunakan metode latihan dengan materi yang diberikan mengenai meningkatkan motivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan nya.. Hasil yang didapat dari layanan konseling kelompok dalam meningkatkan motivasi melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi pada siswa mengalami peningkatan, baik dari pengetahuan, antusias siswa dan minat dari siswa untu mengikuti setiap sesi dan meningkatkan motivasi siswa untuk melanjutkan pendidikannya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dibutuhkan siswa untuk menumbuhkan minat dalam diri siswa untuk meneuskan pendidikan sehingga tahap aktualisasi diri bisa tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: konseling;humanistik;maslow
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: DETI SRI WAHYUNI
Date Deposited: 11 Oct 2018 07:11
Last Modified: 11 Oct 2018 07:11
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15403

Actions (login required)

View Item View Item