Pesan dakwah dalam sinetron catatan harian Aisyah: studi analisis wacana Teun A. Van Dijk pada sinetron catatan harian Aisyah pada tanggal 8 Januari 2018 di RCTI

Fitriyani, Nur (2018) Pesan dakwah dalam sinetron catatan harian Aisyah: studi analisis wacana Teun A. Van Dijk pada sinetron catatan harian Aisyah pada tanggal 8 Januari 2018 di RCTI. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
9_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy

Abstract

Pesan dakwah merupakan pesan yang bermanfaat untuk mengajak manusia pada jalan yang lebih baik, pesan dakwah dapat diberikan melalui berbagai macam media dakwah salah satunya melalui sebuah sinetron. Berbeda dengan sinetron lain yang menampilkan banyak sekali sisi negatif sinetron Catatan Harian Aisyah merupakan salah satu sinetron yang didalamnya tidak hanya menyampaikan suatu tontonan tapi juga sebuah tuntunan bagi para penonton, sehigga dapat memberikan pelajaran yang baik bagi penonton. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pesan dakwah apa saja yang terkandung di dalam sinetron CatatanHarianAisyah tayang pada tanggal 8 Januari 2018, yang nantinya dapat dijadikan contoh oleh rumah produksi lain dalam membuat sinetron dengan memperlihatkan muatan dakwah. Dalam penelitian fokus kepada masalah pesan dakwah yang terdapat teks skenario Catatan Harian Aisyah yang di buat. Untuk menjawab persolakan tersebut, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian Analisis wacana yang dikembangkan oleh Teun A. Van Dijk dalam sinetron Catatan Harian Aisyah pada tanggal 8 Januari 2018 namun lebih kearah teks, yang terbagi menjadi tiga bagian yaitu struktur makro, superstruktur dan struktur mikro. Untuk lebih mengetahui bagaimana pesan dakwah dikemas dalam sinetron Catatan Harian Aisyah. Teknik pengumpulan data berfokus kepada observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan untuk keabsahan data penulis menggunakan trigulasi. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah penulis banyak menemukan pesan dakwah sinetron Catatan Harian Aisyah pada tanggal 8 Januari 2018, terutama yang berkenaan dengan sabar, dan ikhlasan dalam menjalankan segala cobaan yang dialami serta pesan dakwah mengenai ketaatan akan perintah Allah yang tidak peduli orang lain ingin berkata apa, tetapi ia tetap berpengan teguh kepada keyakinannya dalam menjalankan segala perintaah Allah. Dalam penelitian ini banyak ditemukan berbagai kalimat koherensi, gaya bahasa, kata ganti yang mana memperjelas pesan apa yang ingin disampaikan dalam sinetron Catatan Harian Aisyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah; sinetron; analisis wacana Teun A. Van Dijk
Subjects: Devotional Literature
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: nur fitriyani nur fitriyani
Date Deposited: 11 Oct 2018 04:17
Last Modified: 11 Oct 2018 04:17
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15420

Actions (login required)

View Item View Item