Peran kelompok tani Cibeusi subur dalam pemberdayaan masyarakat melalui program pelatihan pertanian : Studi deskriptif kelompok tani Cibeusi Subur kampung Cibeusi desa Cileunyi Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Agustian, Muhammad Farhan (2018) Peran kelompok tani Cibeusi subur dalam pemberdayaan masyarakat melalui program pelatihan pertanian : Studi deskriptif kelompok tani Cibeusi Subur kampung Cibeusi desa Cileunyi Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu cara dalam menghadapi permasalahan yang ada dimasyarakat baik dalam bidang ekonomi, sosial maupun lingkungan. Pemberdayaan Masyarakat menjadi salah satu alternatif dalam peningkatkan sumber daya manusia dalam melakukan perbaikan kehidupan masyarakat. Masyarakat dalam suatu wilayah memiliki karakteristik dan kondisinya masing-masing. Kondisi masyarakat tersebut dihasilkan dari bagus atau tidaknya pengelolaan sumber dayanya, baik sumber daya alam, manusia maupun ekonominya. Pengelolaan tersebut biasanya dilakukan oleh pemerintah, organisasi masyarakat maupun oleh kelompok-kelompok yang peduli terhadap kondisi lingkungan masyarakatnya. Kelompok tani Cibeusi Subur merupakan salah satu kelompok tani yang ikut andil dalam proses pemberdayaan di Kampung Cibeusi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana program pemnberdayaan masyarakat melalui pelatihan pertanian, bagaimana proses pelaksanaan dan bagaimana hasil pemberdayaan masyarakat oleh kelompok tani cibeusi subur melalui pelatihan pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program pemnberdayaan masyarakat melalui pelatihan pertanian, proses pelaksanaan dan hasil pemberdayaan masyarakat oleh kelompok tani cibeusi subur melalui pelatihan pertanian. Landasan pemikiran yang digunakan adalah teori Pemberdayaan yang diartikan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan suatu komunitas agar mampu berbuat sesuai dengan harkat dan martabat mereka dalam melaksanakan hak-hak dan tanggung jawabnya selaku anggota masyarakat. Teori pemberdayaan disini dikaitkan dengan teori peran dan teori pemberdayaan pembelajaran kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks Pemberdayaan Masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat oleh kelompok tani Cibeusi Subur melalui program pelatihan pertanian yaitu pelatihan individu dan kelompok, pelatihan individu meliputi pengolahan tanaman palawija dan pengelolaan budidaya ikan sedangkan pelatihan secara kelompok berupa pengelolaan pupuk dan pengelolaannya. proses pelaksanaan pelatihan pertanian terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap pra-pelaksanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi dan hasil pemberdayaannya yaitu antara lain imbulnya kesadaran masyarakat dalam mengelola potensi pertanian; Meningkatnya penghasilan masyarakat dari sektor pertanian; Perhatian pemerintah meningkat terbukti dengan banyaknya bantuan pemerintah yang masuk ke Kampung Cibeusi. Secara umum bisa disimpulkan bahwa pemberdayaan masyarakat oleh kelompok tani Cibeusi Subur melalui program pelatihan pertanian berhasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Kelompok Tani; Pelatihan Pertanian
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Farhan Agustian
Date Deposited: 11 Oct 2018 04:21
Last Modified: 11 Oct 2018 04:21
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15428

Actions (login required)

View Item View Item