Upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan strategi true or false pada mata pelajaran matematika di kelas III MI Al-Misbah Kota Bandung

Ekawati, Ai Dian (2017) Upaya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan strategi true or false pada mata pelajaran matematika di kelas III MI Al-Misbah Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan pembelajaran matematika di kelas III MI Al-Misbah Kota Bandung yang mempunyai hasil belajar kognitif yang masih rendah. Hal ini terjadi karena pembelajaran masih berpusat pada guru dan kurangnya pemahaman serta ketelitian siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menigkatkan hasil belajar kognitif siswa di kelas III MI Al-Misbah pada mata pelajaran matematika pokok bahasan memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana dengan menggunakan strategi True or False serta untuk mengetahui aktivitas siswa beserta guru dalam melakukan pembelajaran menggunakan strategi True or False. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas III MI Al-Misbah yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini terdiri dari Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II dimana pada setiap Siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes evaluasi untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian 1) hasil belajar kognitif siswa pada pra siklus memiliki nilai rata-rata 61,2 dan ketuntasan klasikalnya hanya mencapai 48%. 2) Penerapan strategi True or False mengalami peningkatan pada setiap siklusnya dalam aktivitas guru dan siswa. Aktivitas guru pada Siklus I mencapai 88,35% dan aktivitas siswa pada Siklus I mencapai 73,33 sedangkan aktivitas guru pada Siklus II mengalami peningkatan sampai dengan nilai 94,12 dengan predikat sangan baik dan aktivitas siswa juga pengalami peningkatan sampai dengan nilai 96,66 dengan predikat sangat baik.3) hasil belajar kognitif setelah diterapkannya strategi True or False juga memberikan peningkatan terhadap hasil belajar siswa. Pada siklus I nilai rata-rata mencapai nilai 73 dan ketuntasan klasikal 68% kemudian meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata mencapai 81,6 dan ketuntasan klasikal sebesar 88%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan strategi True or False dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran matematika pokok bahasan memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi True or False; Hasil Belajar Kognitif;
Subjects: Education, Research
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ai Dian Ekawati Ekawati
Date Deposited: 11 Jul 2019 04:04
Last Modified: 11 Jul 2019 04:04
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15455

Actions (login required)

View Item View Item