Penerapan model Concept Attainment untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran tematik : Penelitian Tindakan Kelas terhadap kelas VB MI Miftahul Falah Bandung

Parid, Miptah (2018) Penerapan model Concept Attainment untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran tematik : Penelitian Tindakan Kelas terhadap kelas VB MI Miftahul Falah Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (554kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan ditemukan masalah pada pembelajaran tematik di MI Miftahul Falah Bandug bahwa dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode yang kurang menarik, ialah masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan media yang digunakannya hanya buku paket saja. Masalah yang ditemukan pada saat pembelajaran yaitu tidak menggunakan metode pembelajaran, sehingga dalam proses pembelajaran peserta didik merasa bosan, kurang antusias, pembelajaran menjadi monoton dan tidak menyenangkan. Aktivitas belajar peserta didik juga terlihat pasif, hal tersebut bisa dilihat dengan adanya peserta didik yang masih mengobrol dengan temannya, peseta didik masih berjalan-jalan di kelas, melamun, bahkan tidak memperhatikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran dan aktivitas belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model Concept Attainment pada pembelajaran tematik di kelas VB MI Miftahul Falah Bandung. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa aktivitas belajar peserta didik ditentukan oleh banyak faktor salah satunya penerapan model yang tepat, termasuk model Concept Attainment. Berdasarkan asumsi tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah penerapan model Concept Attainment dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Model Concept Attainment merupakan model pembelajaran yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu: (1) perkenalan, (2) contoh dan merumuskan hipotesis, (3) analisis, (4) penutup dan penerapan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari empat tahap secara berulang yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrument lembar observasi aktivitas. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas VB MI Miftahul falah Kota Bandung dengan jumlah peserta didik 36 orang, terdiri dari 21 laki-laki dan 15 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan rata-rata persentase aktivitas belajar peserta didik sebelum menggunakan model Concept Attainment hanya mencapai 29,25% dengan kategori kurang aktif. Proses pembelajaran setelah penerapan model Concept Attainment aktivitas belajar peserta didik dan guru mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hasil aktivitas belajar peserta didik pada siklus I yaitu 61,93 % dengan kategori aktif, sedangkan pada siklus II yaitu 81,23% dengan kategori sangat aktif. Rata-rata aktivitas guru pada siklus I yaitu 76,5% dengan kategori sangat aktif, sedangkan pada siklus II yaitu 97,1%% dengan kategori sangat aktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Concept Attainment dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di kelas VB MI Miftahul Falah Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar;concept attainment;tematik
Subjects: Knowledge
Knowledge > Controversial Knowledge
Idealism and Related Systems and Doctrines
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miptah Parid
Date Deposited: 16 Oct 2018 02:31
Last Modified: 16 Oct 2018 02:31
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15507

Actions (login required)

View Item View Item