Analisis program inovasi pembangunan dan pemberdayaan kewilayahan (PIPPK) di kecamatan cinambo kelurahan babakan penghulu kota bandung

Azizah, Pupa Pujiyani (2018) Analisis program inovasi pembangunan dan pemberdayaan kewilayahan (PIPPK) di kecamatan cinambo kelurahan babakan penghulu kota bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_BAB I.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Pembangunan pada hakekatnya merupakan suatu proses yang bersifat integratif, baik dalam tataran perencanaan, pelaksanaan maupun pengendalian yang dilakukan secara berkesinambungan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Mengingat ruang lingkupnya yang sangat luas, kegiatan pembangunan tidak semata-mata menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, melainkan harus dilakukan dan didukung oleh seluruh komponen masyarakat. Adapun pemberdayaan adalah upaya dan proses yang dilakukan supaya masyarakat memiliki keleluasaan dalam menentukan pilihan-pilihan dalam hidupnya yang lebih khas dan lokal, masyarakat dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pembangunan desa. Kecamatan Cinambo, Kelurahan Babakan Penghulu merupakan salah satu instansi pemerintahan yang menjalankan pembangunan dan juga pemberdayaan terhadap masyarakatnya melalui Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) program ini ditujukan untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan bersama melalui suatu media pertanggungjawaban. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan kondisi nyata mengenai Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) serta faktor penghambat dan pendukung. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yakni untuk memberikan gambaran secara jelas mengenai masalah-masalah yang diteliti di Kecamatan Cinambo, Kelurahan Babakan Penghulu. Untuk memperoleh data, peneliti melakukan wawancara, dan studi dokumentasi/pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa PIPPK (Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan) yang dilakukan Kecamatan Cinambo Kelurahan Babakan Penghulu Kota Bandung sudah dapat dikatakan baik karena dengan adanya program ini pembangunan dan masyarakatnya menjadi semakin berdaya meskipun masih terdapat berbagai hambatan dalam setiap realisasinya dan juga masih diperlukan adanya evaluasi. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis dari wawancara yang menjadi kekuatan dalam Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) yaitu kesesuaian peraturan pemerintah dalam pelaksanaan program tersebut, terdapat kelemahan yaitu belum tercapainya setiap target yang akan dilakukan, kurangnya transparansi dalam penggunaan anggaran, keterbatasan SDM dalam pengelolaan dana PIPPK, kurangnya keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan program PIPPK dan kurangnya koordinasi antara aparat kewilayahan dengan SKPD. Kedua faktor pendukung adanya bantuan dana sebesar 100 juta yang diberikan oleh pemerintah untuk masing-masing LKK yang ada di Kelurahan. Ketiga, faktor penghambat pejabat birokrasi takut sehingga mengakibatkan terhambat atau tertundanya pencairan dana dalam pelaksanaan program tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK), Pembangunan dan Pemberdayaan, Analisis Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK)
Subjects: Public Administration
Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: pupa pujiyani azizah upa
Date Deposited: 12 Oct 2018 07:56
Last Modified: 12 Oct 2018 07:56
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15535

Actions (login required)

View Item View Item