Penggunaan bahan pengeayaan mata pelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pembangkit listrik tenaga angin Pt Lentera Angin Nusantara ( LAN ) pada peserta Didik SMAN 1 Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya

Tamala, Epi (2018) Penggunaan bahan pengeayaan mata pelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pembangkit listrik tenaga angin Pt Lentera Angin Nusantara ( LAN ) pada peserta Didik SMAN 1 Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari kurangnya kemampuan literasi sains peserta didik pada pembangkit listrik tenaga angin. Salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik adalah dengan diberikan bahan pengayaan mata pelajaran fisika. Hasil penilaian tiga orang validator menunjukan bahwa bahan pengayaan yang disusun layak sebagai instrumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan pengayaan dan peningkatan kemampuan literasi peserta didik pada pembangkit listrik tenaga angin. Buku pengayaan adalah buku yang digunakan sebagai rujukan standar pada mata pelajaran tertentu. Bahan pengayaan merupakan buku pengayaan yang disusun secara lebih sederhana dengan cakupan materi yang terbatas. Dalam penyususnan bahan pengayaan penelitian ini, peneliti menyususn bahan pengayaan dengan materi literasi pembangkit listrik tenaga angin. Buku pengayaan yang dikembangkan merujuk pada buku pengayaan yang termasuk dalam lingkup buku noteks pelajaran, jadi baik bahan pengayaan dan buku pengayaan juga memiliki ciri-ciri yang sama dengan buku noteks pelajaran. Beberapa komponen utama pada bahan pengayaan ; a) materi atau isi buku; b) penyajin materi; c) bahasa; dan d) kegrapikaan. Literasi sains merupakan kemampuan dalam menerapkan pengetahuan sains dalam memecahkan masalah sehingga memiliki sikap diri yang peka terhadap lingkungannya dan dapat mengambl keputusan dari pertimbangan- pertimbangan sains. Metode penelitiannya adalah pre-eksperimental dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII IPA SMAN 1 Cipatujah yang dipilih dengan purposive sampling dengan jumlah peserta didik 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan literasi pembangkit listrik tenaga angin uraian dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas , uji T terhadap nilai N-Gain yang dinormalisasi dari nilai tes awal dan tes akhir peserta didik menggunakan microsoft excel. Hasil penelitian menunjukan kemampuan literasi peserta didik meningkat setelah diberikan bahan pengayaan. Hasil penelitian ini dibuktikan dengan nilai signifikan uji T sebesar ttabel 1,699 sedangkan thitung 22,95 yang berarti HO ditolak dan Ha diterima. Penggunaan bahan pengayaan mata pelajaran fisika dapat meningkatkan kemampuan literasi peserta didik pada materi pembangkit listrik tenaga angin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: literasi sains; pembangkit listrik tenaga angin
Subjects: Physics > Instrumentation of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: epi Epi Tamala
Date Deposited: 12 Oct 2018 09:01
Last Modified: 12 Oct 2018 09:01
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15556

Actions (login required)

View Item View Item