Peranan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak(LKSA) dalam meningkatkan kesejahteraan sosial anak: studi deskkriptif di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muslimin Jaya, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi

Ruhimatullah, U (2018) Peranan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak(LKSA) dalam meningkatkan kesejahteraan sosial anak: studi deskkriptif di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muslimin Jaya, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER SKRIPSI.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (710kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)

Abstract

Kesejahteraan anak menjadi masalah nasional sehingga menjadi tugas negara untuk menyelesaikannya, sejatinya masalah demikian bukan hanya tugas negara semata tetapi kita pun memiliki kewajiban untuk memperhatikan kesejahteraan mereka dari segala aspek kehidupannya. Salah satu fungsi kesejahteraan lembaga sosial membantu masalah kesejahteraan, Lembaga tersebut difokuskan pada peningkatan kesejahteraan sosial anak.lembaga prioritaskan untuk yang anak terlantar. lemahnya ekonomi, hancurnya keluarga serta ditinggal wafat oleh salah satu atau kedua orang tua, merupakan alasan mereka terlantar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Kegiatan anak-anak lemabaga kesejahteraan sosial anak muslimi jaya 2) Langkah-langkah yang dilakukan lembaga kesejahteraan sosial anak muslimin jaya dan 3) keberhasilan LKSA Muslimin Jaya dalam meningkatkan kesejahteraan sosial anak Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan deskriptif kualitatif, dengan lokasi penelitian di lembaga kesejahteraan Sosial Anak Muslimin Jaya desa padaasih, kecamatan Cisaat Kabupaten sukabumi. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Konsep teori yang digunakan dalam penelitian adalah konsep Pengasuhan alternatif yaitu merupakan pengasuhan berbasis keluarga pengganti atau berbasis panti/lembaga asuhan yang dilaksanakan oleh pihak-pihak di luar keluarga inti atau kerabat anak. Tujuan dari pengasuhan alternatif, termasuk yang dilakukan melalui panti/lembaga asuhan harus diprioritaskan untuk menyediakan lingkungan yang dapat memenuhi kebutuhan kasih sayang anak, kelekatan (attachment), dan permanensi melalui keluarga Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) kegiatan anak LKSA terbagi pada tiga pase yaitu (a) kegiatan harian yaitu kegiatan yang dilakukan secara continu setiap hari dari bangun hingga tidur lagi (b) kegiatan yaitu pengajian umum muhadarohan dan kerja bakti sosial. c) kegiatan tahunan yaitu PHBI dan PHBN 2) langkah-langkah yang dilakukan LKSA dalam meningkatkan kesejahteraan adalah penyelengraan pendidikan, kerjsama dengan puskesmas, bidan-bidan sekitar dan menjaga lingkungan. 3) keberhasilan LSKA dalam meningkatan kesejahteraan anak adalah ditunujukan dengan rasa aman nyamannya serta terjaminnya kesehatan dan kesalamatan anak-anak serta kesuksesan yang di raih oleh para alumni yang sudah kerja juga yang kuliah dengan biaya beasiswa, Mandiri serta kehidupan yang layak (sejahtera)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: LKSA; Meningkatkan; Kesejahteraan; Anak
Subjects: Area Planning > Procedural and Social Aspect
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: U Ruhimatullah
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:10
Last Modified: 15 Oct 2018 04:10
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15641

Actions (login required)

View Item View Item