Implementasi program Badan Usaha Milik Desa (BUMDES)di Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung:Studi pada Program Pengembangan BUMDES Mitra Sejahtera

Maranata, Hilna (2018) Implementasi program Badan Usaha Milik Desa (BUMDES)di Desa Ciburial Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung:Studi pada Program Pengembangan BUMDES Mitra Sejahtera. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (269kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy

Abstract

Program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan sarana untuk terlaksana berjalannya Badan Usaha Milik Desa dengan adanya program sebagai sarana Desa Ciburial menjadi Desa yang mandiri. Program dibuat sesuai dengan tujuan BUMDes meningkatkan pendapatan asli desa, pembanguna dan pelayanan masyarakat, mengembangkan potensi perekonomian perdesaan, mengembangkan potensi sumber daya alam yang dimiliki oleh Desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program Badan Usaha Milik Desa Mitra Sejahtera dan untuk mengetahui Faktor pendorong dan penghambat program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mitra Sejahtera Ciburial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Jenis data data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh melalui wawancara kepada BUMDes Mitra Sejahtera Ciburial dan data sekunder yang diperoleh dengan cara mengumpulkan dokumen yang diperlukan dalam penelitian ini terkait Program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik triangulasi, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mitra Sejahtera Desa Ciburial sudah berjalan dengan baik namun belum maksimal, yaitu dari aspek organisasi yaitu sruktur organisasi yang masih belum sesuai yaitu tidak adanya kepala unit, kemudian sumberdaya masnusia yang berkuaitas yaitu pengurus yang masih kurang dalam wawasan dunia usaha, kemudian dari aspek interpretasi yaitu seuai dengan peraturan akan tetapi masih banyak yang belum sesuai dengan peraturan seperti program yang aturanya masih belum ada legal aspek. Namun program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ini masih dapat dilaksanakan, karena dari segi penerapana yaitu adanya prosedur, program kerja dan jadwal kegiatan yang jelas. Pendorong dari adanya program BUMdesMitra Sejahtera yaitu financial ataupun dana desa sehingga dapat menjadi penunjang terlaksananya program. Kemudian hambatan dalam program BUMDes yaitu sumberdaya manusia yang masih belum optimal sehingga masih banyak program yang tidak dapat berjalan dan terkelola dengan baik sehingga terhentisehingga menghambat aspek organisasi yaitu sumberdaya manusia yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Program;Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)
Subjects: Communities > Villages
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara
Depositing User: Hilna Maranata
Date Deposited: 22 Oct 2018 03:26
Last Modified: 22 Oct 2018 03:26
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15658

Actions (login required)

View Item View Item