Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Al-Barzanji Bab 18: Analisis Ilmu Pengetahuan Islam

Fauziah, Silvi (2018) Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Al-Barzanji Bab 18: Analisis Ilmu Pengetahuan Islam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2._abstrak.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena pembacaan kitab al-Barzanji di wilayah Indonesia yang semakin berkembang, baik di kalangan masyarakat pedesaan maupun masyarakat kota. Tidak sedikit orang yang membacanya namun ia tidak tahu apa arti dan makna yang terkandung di dalam Kitab al-Barzanji. Selain itu, kehidupan manusia yang jauh dari nilai-nilai al-Qur’an dan al-Hadits, dan krisis akhlaq. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab al-Barzanji bab 18, dan 2) untuk mengetahui Implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Al-Barzanji bab 18 pada dunia pendidikan. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa pendidikan akhlak merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Secara teoritis referensi pendidikan akhlak bisa berasal dari berbagai sumber salah satunya sumber tertulis, yang dalam hal ini Kitab Al-Barzanji Bab 18 yang menjelaskan akhlak Rasulullah SAW. Metode penelitian yang digunakan adalah metode content analysis karena penelitian ini merupakan penelitian terhadap teks yang termuat pada kitab al-Barzanji bab 18 dan melalui pendekatan analisis kualitatif. Penelitian ini lebih menekankan pada kekuatan analisis data (content analysis) pada sumber-sumber data yang diperoleh dari buku-buku, tulisan-tulisan atau yang disebut Studi pustaka dan dengan mengandalkan teori-teori yang ada untuk diinterpretasikan secara luas dan mendalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Studi Pustaka, dengan mengumpulkan buku-buku/dokumen yang berkaitan dengan penelitian Sumber primernya adalah kitab Al-Barzanji karangan Syaikh Ja’far al-Barzanji. Analisis data dilakukan dengan tiga cara, yaitu: 1) pemrosesan satuan, 2) kategorisasi, dan 3) penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, didapat dua hal, yang pertama: nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab al-Barzanji bab 18 meliputi enam pokok nilai, yaitu: 1) Nilai al-Sidqu (jujur), 2) nilai al-Ulfah (penyayang), 3) nilai al-‘Afwu (pemaaf), 4) nilai Anisatun (ramah), 5) nilai al-Khairu (kebaikan), dan 6) nilai Sederhana dan Juhud (memiliki etos kerja). Kedua, implementasi dari keenam nilai pendidikan akhlak tersebut tercermin bahwa seorang guru harus memiliki akhlak seperti Rasulullah SAW, yakni al-Sidqu, al-Ulfah, al-‘Afwu, Anistun, al-Khairu dan Sederhana juga Juhud.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan; Pendidikan Akhlak; Kitab AL-Barzanji Bab 18
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Cerita dan Kisah dari Al-Qur'an
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Iman Kepada Nabi dan Rasul
History of Modern Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Silvi Silvi Fauziah Silvi
Date Deposited: 16 Oct 2018 01:19
Last Modified: 16 Oct 2018 01:19
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15698

Actions (login required)

View Item View Item