Efektivitas program bina keluarga remaja dalam meningkatkan pemahaman peran orang tua mengenai pentingnya bimbingan keluarga: penelitian di Kelurahan Cipadung Kulon Kecamatan Panyileukan Kota Bandung)

Maulana, Ramdan (2018) Efektivitas program bina keluarga remaja dalam meningkatkan pemahaman peran orang tua mengenai pentingnya bimbingan keluarga: penelitian di Kelurahan Cipadung Kulon Kecamatan Panyileukan Kota Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (450kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy

Abstract

Melihat kondisi jaman sekarang orang tua kurang intens dalam membina anak remajanya, dikarenakan lebih memetingkan pekerjaannya diluar dibanding tugas utamanya sebagai orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak remajanya. Perhatian orangtua yang kurang terhadap anak apabila di biarkan akan menyebabkan anak merasa semakin tidak diperhatikan oleh orang tua nya sendiri. Sehingga anak akan cenderung melakukan hal-hal negatif. Anak menjadi lebih suka menghabiskan waktu di luar di bandingkan orang tuanya sendiri dan semua di perbuat menjadi landasan anak untuk menghilangkan rasa kecewanya terhadap orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program bina keluarga remaja, untuk mengetahui pemahaman orang tua mengenai pentingnya bimbingan keluarga, dan untuk mengetahui efektvitas program bina keluarga remaja dalam meningkatkan pemahaman peran orang tua mengenai pentingnya bimbingan keluarga di kelurahan cipadung kulon, kecamatan panyileukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif yang bertujuan untuk melukiskan secara sistematis atau karakteristik populasi tertentu secara faktual dan cermat, dengan pendekatan kualitatif yang berlandaskan fenomenologi dan paradigma konstruktivisme dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Cipadung Kulon, Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung. Dengan sumber data primernya ialah Penyuluh KB serta sumber data sekundernya yaitu kegiatan literatur dalam studi pustaka. Dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi pengamatan lapangan dan dengan wawancara. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Program Bina Keluarga Remaja di Kelurahan Cipadung Kulon memiliki dampak yang bisa di katakana positif, hal tersebut di kemukakan oleh para orang tua (kelompok BKR). Mereka mengemukakan bahwasannya dengan adanya program Bina Keluarga Remaja tersebut orang tua sangat terbantu dalam hal membina keluarga juga khususnnya dalam membimbing anak remajanya. Setidaknya program tersebut memberikan orang tua pemahaman yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu, melalui program penyuluhan oleh tenaga penyuluh kemudian juga didalamnya orang tua di berikan kesempatan untuk berdialog tanya jawab. Manfaat lain yang didapat oleh para orang tua yaitu terbangun nya emosional antar orang tua, sehingga mereka menjadi saling terbuka satu sama lain, berdiskusi, baik mengenai permasalahan-permasalahan anak remajanya maupun dalam keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Program Bina Keluarga Remaja; Pemahaman Peran Orang tua; Bimbingan Keluarga
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bimbingan Perkawinan BP4
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ramdan Maulana
Date Deposited: 16 Oct 2018 03:33
Last Modified: 26 Dec 2018 02:05
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15702

Actions (login required)

View Item View Item