Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui kelompok usaha bersama (KUBE): studi deskriptif di Desa Parungserab Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung

Dzulhijjah, Lisda (2018) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui kelompok usaha bersama (KUBE): studi deskriptif di Desa Parungserab Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3_abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
2_daftar isi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan zaman menuntut masyarakat untuk lebih berdaya di bidang ekonomi demi mencukupi kebutuhan mereka. Tingkat kesejahteraan sebagian masyarakat di Kecamatan Soreang semakin hari semakin memprihatinkan, tingkat pengangguran sangat tinggi, serta keterbatasan keahlian menjadi salah satu faktor penyebab kemiskinan. Terkait dengan hal tersebut program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang dilakukan Dinas Sosial Kabupaten Bandung untuk menanggulangi pengangguran dengan memberikan bantuan modal serta pelatihan berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: Bagaimana Penguatan dan Perlindungan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Penyokongan dan Pemeliharaan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Hasil dari Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Teori yang relevan dengan permasalahan yaitu teori pendekatan proses menurut edi soehartoEdi Suharto mengatakan pelaksanaan proses dan pencapaian tujuan pemberdayaan masyarakat dicapai melalui penerapan pendekatan pemberdayaan yang dapat disingkat dengan 5P yaitu Pemungkinan, Penguatan, Perlindungan, Penyokongan, dan Pemeliharaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subyek penelitian adalah pengelola, anggota, dan keluarga anggota program KUBE. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dalam penelitian ini adalah interpretasi atau penafsiran logika, yang dihubungkan dengan konteks pengembangan masyarakat islam. Hasil penelitian menunjukan : pertama Kelompok Usaha Bersama di Desa Parungserab diberikan layanan pendidikan non formal seperti pelatihan wirausaha serta dilindungi oleh pihak Dinas Sosial dalam persaingan ekonomi agar terhindar dari persaingan ekonomi yang tidak sehat, kedua masyarakat kelompok usaha bersama diberikan bimbingan dan bantuan modal seperti sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan aktivitas ekonomi mereka serta memelihara kondisi yang kondusif agar tetap terjadi keseimbangan distribusi. Ketiga adapun hasil yang dicapai dari pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui KUBE, perekonomian anggota sudah meningkat, kegiatan sosial lebih aktif dilaksanakan, pendidikan keluarga anggota sudah terjamin, dan anggota KUBE lebih kreatif dalam berwirausaha. Penelitian ini bisa disimpulkan bahwa, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Program Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Kecamatan Soreang berhasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan; ekonomi; kelompok usaha bersama
Subjects: Econmics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Lisda Dzulhijjah
Date Deposited: 24 Oct 2018 06:55
Last Modified: 24 Oct 2018 06:55
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15715

Actions (login required)

View Item View Item