Respon komunitas pemuda faiths tehadap kajian khitobah berbasis materi tauhid (studi deskriptif pada kajian di masjid islamic center garut)

Sakinah, Nala (2018) Respon komunitas pemuda faiths tehadap kajian khitobah berbasis materi tauhid (studi deskriptif pada kajian di masjid islamic center garut). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak dll.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
BAB II FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy

Abstract

Respon Komunitas Pemuda Faiths Terhadap Kajian Khitobah Berbasis Materi Tauhid (Studi Deskriptif Pada Kajian di Masjid Islamic Center Garut). Khitobah merupakan salah satu kegiatan atau aktivitas yang hampir digunakan setiap orang untuk menyampaikan tujuan, pesan atau ajakan kepada khalayak baik itu diatas mimbar maupun tidak. Dalam dakwah, khitobah menjadi salah satu metode yang selalu digunakan dalam kegiatannya seperti ceramah, tabligh, diskusi, atau kajian. Dengan perkembangan zaman yang semakin maju, maka kegiatan khitobah semakin disukai oleh mayoritas semua kalangan sehingga berdampak pula pada dakwah yang dikemas secara menarik dengan harapan pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Maka dari itu, komunitas pemuda faiths melaksanakan kajian khitobah ini dengan tujuan agar semakin banyak pemuda pemudi islam yang sadar untuk menggali, memantapkan intelektual dan ilmu agama dan potensi dakwah yang selanjutnya diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui respon komunitas pemuda faiths terhadap kajian khitobah berbasisi materi tauhid yang rutin dilaksanakan setiap hari minggu di Masjid Islamic Center Garut. Adapun aspek respon yang dituju yaitu perhatian, pengertian, dan penerimaan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R (Stimulus-Organism-Respon), diambil dari teori sosiologi komunikasi yang dikemukakan oleh Onong Uchjana Effendi dalam buku “Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi” (2003). Dalam teori ini, untuk mengetahui respon maka terdapat tiga variable yaitu stimulus (kajian khitobah berbasis materi tauhid) organism (komunitas pemuda faiths) dan respon (perubahan sikap atau feedback) terhadap kegiatan kajian tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dimana data yang diperoleh berupa angka kemudian menggunakan pendekatan deskriptif untuk mendeskripsikan dan menarik kesimpulan hasil data dari penelitian lapangan berupa wawancara, observasi dan penyebaran angket kepada 30 responden sebagai sampel. Hasil penelitian membuktikan bahwa perhatian komunitas pemuda faiths terhadap kajian khitoah berbasis materi tauhid sangat tinggi dengan perolehan rata-rata skor 4,32, pengertian komunitas pemuda faiths terhadap kajian khitobah berbasis materi tauhid sangat tinggi dengan perolehan rata-rata skor 4,49, dan penerimaan komunitas pemuda faiths terhadap kajian khitobah berbasis materi tauhid sangat tinggi dengan perolehan rata-rata skor 4,44.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Respon;Komunitas;Pemuda Faiths; Kajian; Khitobah;
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nala Sakinah Nala sakinah
Date Deposited: 16 Oct 2018 07:46
Last Modified: 16 Oct 2018 07:46
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15735

Actions (login required)

View Item View Item