Layanan bimbingan pranikah untuk meningkatkan self awareness dalam membangun keluarga sakinah: penelitian di KUA Mandalajati Kota Bandung

Septiani, Heni (2018) Layanan bimbingan pranikah untuk meningkatkan self awareness dalam membangun keluarga sakinah: penelitian di KUA Mandalajati Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy

Abstract

Layanan bimbingan pranikah yang diselenggarakan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Mandalajati merupakan kegiatan layanan yang diselenggarakan pihak KUA untuk para pasangan calon pengantin yang merencanakan untuk menikah dalam waktu dekat sebagaimana mereka datang ke KUA untuk membuat keputusan agar memiliki kesiapan dalam membangun rumah tangga. Hal tersebut dilakukan guna meminimalisir kasus-kasus yang terjadi dalam masalah perkawinan atau masalah yang muncul sebelum dilakukannya perkawinan yang didasari karena kurang adanya kesiapan dalam diri calon pengantin sehingga dapat menjadi faktor terjadinya perceraian yang sering terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan pranikah terhadap pasangan calon pengantin di KAU Mandalajati Kota Bandung, untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung bimbingan pranikah dalam meningkatkan self awareness untuk membangun keluarga sakinah, dan untuk mengetahui hasil yang dicapai dari proses Layanan Bimbingan Pranikah sebagai upaya dalam meningkatkan self awareness untuk membangun keluarga sakinah bagi pasangan calon pengantin di KUA Kecamatan Mandalajati Kota Bandung. Berdasarkan pada landasan berpikir bahwa bimbingan pranikah atau yang biasa disebut upaya pemberian bantuan kepada setiap pasangan yang akan menikah bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran diri (self awareness) agar mereka lebih mantap dalam mengambil keputusan untuk menikah sehingga dapat terbentuknya kesiapan diri dalam membangun keluarga yang bahagia, sejahtera dan sakinah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif karena tujuan penelitian yang dilakukan ini yaitu untuk mendeskripsikan gambaran secara jelas, lengkap dan sistematis mengenai layanan bimbingan pranikah dalam meningkatkan self awareness untuk membangun keluarga sakinah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukan bahwa layanan bimbingan pranikah yang ada di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Mandalajati Kota Bandung sudah berjalan dengan baik dengan adanya kesadaran diri (self awareness) yang dimiliki pasangan tersebut menjadi tolak ukur keberhasilan dari pelaksanaan bimbingan pranikah yang diselenggarakan oleh pihak KUA Kecamatan Mandalajati dan keberhasilan tersebut terbukti dalam menekan tingkat perceraian dan pembentukan keluarga sakinah pada masyarakat Kecamatan Mandalajati Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Pranikah; Keluarga Sakinah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Heni Septiani
Date Deposited: 16 Oct 2018 07:47
Last Modified: 16 Oct 2018 07:47
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15743

Actions (login required)

View Item View Item