Pengaruh tingkat emosial dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Ruby Hotel Syari'ah Bandung

Apriani, Triana (2018) Pengaruh tingkat emosial dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Ruby Hotel Syari'ah Bandung. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (705kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)

Abstract

Perusahaan perhotelan di Indonesia berkembang dengan pesat. Termasuk perkembangan Hotel yang berbasis Syari’ah yang mulai banyak bermunculan di kota Bandung dalam satu dekade ini. Dimana terdapat berbagai Hotel Syari’ah dengan jumlah yang cukup banyak. Persaingan usaha diantara Hotel berbasis Syari’ah tersebut menuntut pengusaha industri perhotelan untuk memahami faktor emosional pelanggan dan menunjukkan kualitas pelayanan yang baik dalam menciptakan kepuasan konsumen, dalam hal ini pada Ruby Hotel Syari’ah Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh tingkat emosional terhadap kepuasan konsumen, 2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, dan 3) Pengaruh tingkat emosional dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Ruby Hotel Syariah Bandung. Untuk menjelaskan persoalan tersebut digunakan teori psikologi tentang tingkat emosional, teori manajemen pemasaran tentang kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen. Dalam upaya meningkatkan kepuasan konsumen dapat dilakukan dengan menjaga kepercayaan konsumen, membina kedekatan emosional dan meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat memberikan nilai kepuasan konsumen yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dan deskriptif analitik. Populasi terdiri atas 500 orang konsumen dan sampel diambil melalui random sampling area dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data melalui angket berskala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Pearson Product Moment, uji multikolinearitas, uji determinasi, uji signifikansi, regresi (ganda dan sederhana). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat emosional konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan koefisien korelasi 0,571 dan determinasi 0,326 atau sebesar 32,6% (2) kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan koefisien korelasi 0,504 dan determinasi 0,254 atau sebesar 25,4%, dan (3) tingkat emosional dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumenm dengan koefisien korelasi 0,512 dan koefesien determinasi 0,262 atau 26,2% di Ruby Hotel Syariah Bandung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tingkat emosial dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen
Subjects: Financial Economics, Finance
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Triana Apriani
Date Deposited: 17 Oct 2018 03:38
Last Modified: 25 Feb 2019 03:22
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15791

Actions (login required)

View Item View Item