Penggunaan media pembelajaran Presentation Zooming Interface untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi gelombang berjalan dan gelombang stasioner

Yulyanti, Rista Novel (2018) Penggunaan media pembelajaran Presentation Zooming Interface untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi gelombang berjalan dan gelombang stasioner. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy

Abstract

Abad ke 21 menuntut individu memiliki kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan observasi di MAN 2 Sukabumi, diketahui bahwa guru belum terbiasa melatih kemampuan pemecahan masalah yang mengakibatkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Strategi yang dilakukan untuk melatih kemampuan tersebut adalah penggunaan media pembelajaran prezi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan kemampuan pemecahan masalah, dan perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Prezi merupakan aplikasi terbaru dan menarik yang bisa memadukan berbagai gaya belajar karena pada prezi dapat menampilkan audio, video maupun animasi secara bersamaan. Kemampuan pemecahan masalah menurut Heller memiliki lima aspek yaitu visualize the problem, describe the problem in physics description, plan the solution, execusite the plan, check and evaluate. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen, dengan desain nonequivalent control group design yang dilakukan di MAN 2 Sukabumi. Kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 23 orang dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 21 orang. Keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen untuk aktivitas guru sebesar 96% dengan kategori sangat baik dan aktivitas peserta didik sebesar 90% dengan kategori sangat baik. Keterlaksanaan pembelajaran pada kelas kontrol untuk aktivitas guru sebesar 93% dengan kategori sangat baik dan aktivitas peserta didik sebesar 85% dengan kategori baik. Kemampuan pemecahan masalah menunjukkan nilai N-gain sebesar 0.47 dengan kategori sedang untuk kelas ekperimen dan 0.17 dengan kategori rendah untuk kelas kontrol. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran telah berjalan sangat baik dan terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol serta terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara kelas ekperimen dengan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gelombang berjalan dan gelombang stasioner; kemampuan pemecahan masalah; prezi
Subjects: Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rista Novel Yulyanti
Date Deposited: 02 Nov 2018 03:30
Last Modified: 02 Nov 2018 03:30
URI: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/15866

Actions (login required)

View Item View Item